5 Destinasi Wisata Keren yang Bisa Dikunjungi Naik Kereta Api

Gue yakin nggak cuma gue doang yang suka traveling dengan kereta api. Selain harga tiketnya yang terjangkau, bebas macet (jadwal kereta api sekarang udah nyaris selalu on time), perjalanan dengan kereta api juga menawarkan suasana romantis dan pemandangan alam Indonesia yang eksotis!

Kereta api juga memiliki rute menuju kota-kota di Pulau Jawa yang penuh destinasi wisata menarik untuk dieksplor. Nah, berikut ini ada 5 kota dengan destinasi wisata keren yang bisa kamu kunjungi dengan naik kereta api untuk tujuan liburan kamu selanjutnya.

Baca juga: Sebuah Cerita Perjalanan Bandung-Solo dengan Kereta Api Lodaya Pagi


Yang pertama, tentu saja, kota tempat gue merantau saat ini. Berlokasi tidak begitu jauh dari Jakarta, Bandung memiliki banyak sekali pilihan tempat wisata menarik yang bisa dijelajahi. Dari wisata arsitektur, sejarah, kuliner, belanja, budaya, sampai alam semua ada! 

Melalui persawahan dan bentang pegunungan bumi pasundan

Perjalanan kereta api Jakarta-Bandung ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam dan paling seru dilakukan pada pagi hingga sore hari karena kamu bisa melihat pemandangan apik selama perjalanan. Mulai dari suasana pedesaan yang tenang, padi yang menghijau (atau menguning, tergantung musim panen atau tidak) dan juga perbukitan serta lembah hijau yang sangat cantik. Tak ketinggalan Jembatan Cikubang yang membuat hati gamang tapi juga sekaligus indah dipandang.

Dari Stasiun Bandung, kamu bisa menuju penginapan atau destinasi wisata dengan angkot, ojol, atau taksi (online dan offline). Di sekitaran stasiun juga banyak hotel/hostel maupun lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Contohnya adalah kawasan Pasar Baru, pecinan, Jalan Braga, Jalan Asia-Afrika, Masjid Raya Bandung, Alun-Alun Bandung, dan Balai Kota Bandung.

Baca juga: Mengunjungi 3 Tempat Wisata Kekinian di Bandung

Panorama pusat kota Bandung dari U Janevalla Hotel

Berikut ini adalah beberapa review hotel/hostel di dekat Stasiun Bandung yang pernah gue inapi, klik untuk membacanya:

  1. Bandung House dan Pinisi Backpacker Hostel
  2. d’Sofia Hotel alias RedDoorz Premium near Bandung Station (bedakan dengan Grand Sofia Hotel)
  3. Zest Hotel Sukajadi

Masih di Jawa Barat namun sedikit lebih jauh, ada si kota udang Cirebon. Gue juga pernah tinggal di kota ini selama 2 bulan. Lama tempuhnya dari Jakarta pun masih di kisaran 3 jam!

Cirebon cocok buat kamu yang suka wisata sejarah dan kuliner. Keratonnya aja ada 4 lho! Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Kacirebonan, dan Kaprabonan. Belum lagi Tamansari Gua Sunyaragi yang unik! Buat kuliner, puas-puasin deh dengan empal gentong, nasi jamblang, empal asem, nasi lengko, dan banyak lagi. Petualangan kuliner gue bisa dibaca di: Bertualang Kuliner di Cirebon

Gua Sunyaragi, Cirebon
Ibis Budget Cirebon dan Cordela Hotel Cirebon


Ibukota Jawa Tengah ini pun sangat menarik untuk dikunjungi. Perjalanan Jakarta-Semarang dengan kereta api sendiri membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

Semarang menyimpan banyak destinasi wisata yang seru untuk dijelajahi, utamanya wisata sejarah, budaya, dan gastronomi. Mulai dari Lawang Sewu yang ikonik dan legendaris, kawasan Kota Lama dengan bangunan bergaya khas Belanda, hingga Pagoda Avalokitesvara yang memesona! Ada juga Klenteng Sam Poo Kong bagi yang ingin berwisata religi sambil berburu foto estetik, atau Masjid Agung Jawa Tengah yang memadukan arsitektur Romawi dan Timur Tengah. Kamu juga bisa sedikit melipir ke untuk mengunjungi Candi Gedong Songo dan setelahnya mampir ke Ayanaz Gedong Songo untuk bersantai.

Itinerary Sehari Mengunjungi 6 Tempat Wisata di Semarang

Doyan kulineran? Semarang juga punya banyak menu menarik untuk dicicipi. Sebut saja lumpia yang sudah tersohor ke seantero negeri, soto bangkong, tahu gimbal, dan masih banyak lainnya. Untuk lumpia, kamu bisa mampir ke Gang Lombok sambil menikmati suasana klenteng dan pecinan, jangan kesiangan ya! Jelang malam, saatnya kulineran di Warung Semawis yang legendaris. Buat oleh-oleh, bandeng Juwana biasanya jadi salah satu pilihan.

Rekomendasi hotel: Neo Candi Semarang


Siapa yang tak kenal kampung halaman gue ini? Kota dengan banyak sekali pilihan destinasi wisata menarik menjadikan Yogyakarta jadi sasaran destinasi wisatawan domestik dan luar negeri. Rasanya nggak bosen-bosennya sama Jogja! Selain suasananya yang ngangenin, juga selalu ada yang baru. Gue yang lahir dan besar sama Jogja aja nggak pernah bosen sama kota ini.

Bukit Pengilon, Puncak Kleco Nanggulan, Gunung Purba Nglanggeran, Kebun Buah Mangunan, dan masih banyak lagi. Mau ke candi? Selain Prambanan, kunjungi juga Candi Ratu Boko, Candi Sewu, dan lain-lainnya.

Kota di Jawa Tengah ini juga punya sejuta pesona bagi kamu yang suka berlibur. Pilihan tempat wisata di kota ini juga tak kalah banyaknya dari kota-kota sebelumnya. Mulai dari wisata budaya, seperti Keraton dan Masjid Agung Surakarta, Pura Mangkunegaran, Pasar Gede Hardjonagoro, hingga Candi Cetho di ketinggian yang menyajikan suasana bak Pulau Dewata Bali! Sekilas, Solo memang mirip Yogyakarta.

Bedanya, menurut gue yang orang Jogja, kuliner Solo itu lebih beragam! Dari jajanan-jajanan seperti es dawet telasih dan serabi notosuman, hingga makanan utama seperti tengkleng, selat solo, nasi liwet, dan timlo. Bahkan, ada babi pikul yang legendaris di Pasar Gede! Baca ceritanya di: 2 Hari Bertualang Kuliner di Solo

Rekomendasi hotel: HARRIS Hotel Solo

Itulah lima kota besar di Pulau Jawa dengan pilihan destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Bicara soal tiket kereta api, kamu bisa dengan mudah lho pesan tiketnya secara online di Traveloka. Segera booking tiket KAI resmi di sini agar rencana liburan kamu jadi kenyataan! 

Oke, yes, masih ada banyaaakkk banget kota yang belum dibahas, terutama kota-kota di Jawa Timur. Berhubung gue belum banyak eksplor Malang dan Surabaya (ke sana saat sekolah dan kuliah, saat itu insting menjelajahnya masih kerdil), jadi nanti akan gue share di tulisan berikutnya. Ada lagi Dataran Tinggi Dieng yang bisa kamu capai dengan naik kereta api sampai Purwokerto.

Lodaya Pagi saat meliuk di bumi parahyangan

Baca juga: Tips, Budget, dan Itinerary 2 Malam di Dieng

Jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan untuk melindungi diri dari kemungkinan penularan virus COVID-19 ya. Selamat berlibur!

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *