6 Poin Penting Memilih Villa di Puncak untuk Staycation Keluarga

staycation bersama keluarga bisa jadi agenda liburan yang aman dan menyenangkan. Salah satu alternatifnya adalah di Puncak, khususnya buat kamu yang tinggal di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Menginap di Puncak menjadikan acara liburan kamu jadi lebih fleksibel. Kamu bisa berdiam di dalam villa sambil menggunakan fasilitasnya, atau sesekali keluar untuk melihat objek wisata terdekat. Seluruh keluarga bisa menikmati liburan dengan nyaman di sini. 

Supaya staycation kamu berjalan dengan baik, yuk simak 6 poin penting yang harus kamu ketahui saat memilih villa di Puncak. Dengan mempertimbangkan 6 hal ini, staycation keluarga akan lebih berkesan. 


1. Jumlah Kamar

Rasanya ini adalah hal pertama yang harus kamu pertimbangkan saat memilih villa. Pastinya orang tua dan saudara kamu menginginkan kamar sendiri untuk privasi. Apalagi jika sudah ada yang berkeluarga, maka ketersediaan kamar yang cukup adalah hal krusial. 

Kamu bisa cek pilihan villa Puncak yang pas untuk liburan di berbagai platform perjalanan. Jika kamu menggunakan Traveloka misalnya, maka kamu bisa mendapatkan daftar berbagai villa secara langsung. Selanjutnya tinggal pilih area Puncak yang diinginkan, lalu klik “Lihat Harga”. kamu akan bisa melihat berapa jumlah kamar yang ada, lengkap dengan foto interior dan eksteriornya.

 Salah satu rekomendasi gue adalah Jambuluwuk Villa & Resorts Puncak

2. Adanya Ruang Bersama yang Luas

Ruang bersama ini bisa berupa ruang tamu atau area untuk pertemuan keluarga. Fasilitas ini penting karena kamu bisa meluangkan waktu untuk kegiatan bersama keluarga. Selain itu, ruangan ini juga bisa disulap jadi ruang makan atau ruang tidur untuk yang tidak kebagian kamar. 

Apa pun kegunaannya, pastikan kamu membawa karpet atau alas untuk lantai ruangan ini. Tentunya kamu tidak mau duduk di ubin yang dingin. Apalagi jika kamu dan keluarga juga menjadikan momen staycation ini untuk pertemuan keluarga. Kamu akan membutuhkan karpet agar semua orang nyaman duduk lama di lantai. 

Satu tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya, kamu bisa jadikan ruang pertemuan ini sebagai area permainan. Kamu tinggal siapkan saja perlengkapan untuk permainan yang bisa digunakan di dalam ruangan. Dengan demikian, kamu tidak perlu menyewa villa yang memiliki fasilitas bermain anak atau halaman luas. 


3. Fasilitas Bermain

Jika kamu berlibur dengan anak-anak, juga bisa cek fasilitas bermainnya. Fasilitas ini misalnya kolam renang, taman bermain, atau sekedar halaman yang luas untuk kegiatan bermain anak-anak. 

Bagi anak-anak, staycation bisa membosankan kalau mereka tidak melakukan kegiatan lainnya. Jadi, kalau budget liburanmu memang mencukupi, sebaiknya cari villa yang memiliki fasilitas ini. 

4. Pemandangan Sekitar Villa

Staycation bukan berarti kamu hanya berdiam diri di dalam villa. Kamu bisa jalan pagi bersama keluarga sembari melihat pemandangan sekitar. Selain itu, kamu bisa menikmati udara segar Puncak dengan lebih baik kalau kamu menyempatkan diri untuk beraktivitas di luar ruangan. Pastinya dengan memperhatikan protokol kesehatan serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

Kamu bisa cek pemandangan di sekitar villa yang ingin kamu tempati lewat foto-foto yang di-upload pengelola villa pada situs atau aplikasi perjalanan. Di Traveloka misalnya, kamu bisa melihat foto-foto villa dan lingkungan sekitar, sehingga memudahkan kamu untuk membuat perbandingan. Kalau kamu berencana untuk mengunjungi area wisata, pemandangan sekitar villa mungkin tidak jadi soal. Sedangkan kalau kamu ingin menikmati staycation, tentunya pemandangan sekitar villa harus jadi salah satu pertimbangan.

Villa Sri Megamendung Puncak

Villa di Puncak ada yang terletak dalam sebuah kompleks atau dekat dengan alam. Salah satu villa yang mengedepankan kedekatan dengan alam adalah Villa Sri Megamendung Puncak. Di mana bangunan terasa menyatu dengan alam, bahkan di samping villa ada bukitnya. 


5. Akses ke Area Wisata

Akses yang mudah atau jarak yang dekat dengan area wisata memang menjadi pertimbangan saat memilih villa. Jika waktu berlibur kamu lebih dari dua hari, maka kamu bisa mengunjungi area wisata, kemudian menghabiskan sisanya untuk staycation di villa. 

Biasanya pada halaman villa yang kamu inginkan, tertera keterangan mengenai atraksi wisata terdekat. Kalau kamu ragu, kamu bisa gunakan juga Google Maps dan cek area wisata apa saja yang ada di sekitar villa. 


6. Ketersediaan Restoran

Bisa dikatakan poin terakhir ini juga harus kamu pertimbangkan. Kamu dan keluarga bisa saja membawa bahan makanan dari rumah untuk dimasak di villa jika mereka memiliki fasilitas dapur. Namun, lebih praktis memang kalau ada restoran di sekitar villa. 

Selain praktis untuk kamu dan keluarga dalam mendapatkan makanan, kalian juga bisa sekaligus merasakan makanan khas masyarakat di Puncak. Perlu diketahui bahwa wilayah Puncak memiliki ciri khas kuliner tersendiri. Salah satu contoh adalah sate maranggi yang terkenal di kawasan Cipanas. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *