7 Aplikasi/Platform Traveling Buat Siapin Perjalanan versi thetravelearn

Sebagai seorang pejalan mandiri yang juga melek internet, aplikasi dari online travel agent (OTA) adalah salah satu tool yang gue berdayakan untuk menyiapkan perjalanan-perjalanan gue. Gue nggak akan share OTA-OTA populer kayak Traveloka di sini. Aplikasi atau website yang gue mau bagikan di sini mungkin masih belum familiar buat sebagian dari kalian, tapi gue yakin yang savvy traveler kayak gue pasti udah pada tau.

Buat gue, mempersiapkan semua keperluan perjalanan gue adalah sebuah kesenangan tersendiri. Dari pesen tiket pesawat, hotel, tiket wisata, itinerary, dan keperluan lainnya. Dasarnya emang seneng jalan, setiap persiapan gue jalani dengan hati gembira, sama sekali nggak terasa merepotkan. Gue justru semakin antusias!


Nama KKDay mungkin masih asing didengar, tapi kalo Klook? Nah, sebagian pasti udah tau. Sama seperti Klook, KKDay menyediakan beragam keperluan perjalanan dari tiket wisata, kartu transportasi, paket tur atau open trip, sewa kendaraan, dsb. Terus pilih KKDay atau Klook? Biar fair, kamu buka aja dua-duanya dan bandingkan harga dan benefit masing-masing.

KKDay ini gue pake buat trip gue ke Hong Kong dan Macau tahun 2019 lalu. Gue beli Octopus Card, MTR Travel Pass + Airport Express, sewa modem wifi, dan tiket PP Crystal Cable Car Ngong Ping 360 di KKDay. Sama sekali nggak ada masalah, semua berjalan lancar.

Cerita dan ulasan selengkapnya, langsung klik aja di masing-masing link di atas.


Dua OTA ini gue satukan karena sama-sama penyedia transportasi yang bisa dipesan online. Ada bus, kereta api, van/shuttle/mobil, dan kapal ferry. Untuk sekarang jangkauan keduanya juga masih sama-sama Asia, khususnya Asia Tenggara. Terus pilih yang mana? Compare aja, lihat mana yang menawarkan harga lebih murah atau jadwal yang sesuai sama keinginan kamu.

Klik Bookaway dan klik 12Go.asia buat memesan atau survey transportasi antarkota antarnegara yang kamu mau.

Untuk pengalaman perjalanan lintas negara gue, bisa baca cerita gue naik kereta dari KL ke Singapura, naik bus dari Singapura ke Penang via KL, naik kereta dari Bangkok ke Siem Reap, dan naik bus dari Macau ke Hong Kong. Kamu juga mungkin tertarik baca cerita perjalanan gue naik China High Speed Railway di Hainan dari Haikou ke Sanya dan sebaliknya.


Tahun-tahun pertama traveling, gue nggak pernah beli sim card lokal, beli paket roaming, atau sewa modem wifi (mifi). Gue membiarkan diri gue terhilang di tanah orang dan hanya mengandalkan wifi gratis di penginapan. Kalo cari alamat? Antara tanya orang atau gunakan peta yang udah gue print di kertas. Kenapa nggak mau pake internet? Buat menekan biaya, hehe.

Sampai akhirnya di tahun 2016, gue harus beli sim card lokal karena harus jaga komunikasi sama travelmate. Eh ternyata sangat membantu, ya! Selain buat buka Google Maps, gue juga bisa cari rekomendasi tempat makan di Foursquare. Saat terjebak dalam momen menunggu atau lagi istirahat, gue bisa bersantai dengan buka-buka chat atau medsos. Gue juga jadi hemat kertas karena bukti pemesanan hotel dan pesawat cukup ditunjukkan dari handphone.

Setelah beberapa kali beli sim card lokal, rasanya kok repot ya harus bongkar-pasang hape, harus gonta-ganti sim card, dan harus nunggu di konter buat aktivasi nomor. Pernah coba beli paket roaming dari provider hape gue, tapi somehow gagal di negara tujuan. Akhirnya gue melirik portable wifi, lebih tepatnya JavaMifi.

Dua platform ini gue satukan karena sama-sama penyedia tas online, hehe. Bedanya, Waterfly adalah toko online yang hanya menjual produknya, sementara ReadyProSupply menjual beberapa brand tas.

Waterfly menjual beberapa tas seperti backpack/carrier, daypack/bodypack, sling bag, fanny pack atau waist bag, dan bike bag. Gue sendiri punya satu 3 in 1 waterproof backpack Waterfly berkapasitas 32 L dan satu sport waist bag. Model tas ranselnya cukup beragam. Ada yang carrier gagah buat naik gunung, daypack kasual buat sehari-hari, sama daypack yang kekinian buat nongkrong. Kalo gak salah, Waterfly ini diproduksi di Jerman tapi barang dikirim dari Shenzhen, Tiongkok.

Nah, kalo di ReadyProSupply ada lebih banyak produk. Bahkan ada tas kamera, drone bag, gym bag, smart band, Bluetooth headphone, dan travel/outdoor gear lainnya. You’ll love it, Folks! Jadi biar belum bisa traveling, minimal kita bisa belanja-belanja kebutuhan travel dulu. Lumayan buat konten review/unboxing atau video parodi pura-pura traveling.

Ada promo menarik dari gue buat kamu yang belanja di ReadyProSupply dengan link di atas, atau klik: https://lddy.no/cmdj

Dapatkan diskon 15% untuk sign-up dan pembelian pertama dengan kode READYPROAF15. Untuk pembelian selanjutnya, masukkan kode READYPROAF5 dan nikmati diskon 5% tak terbatas!


OTA yang satu ini mungkin memang udah diketahui banyak orang, tapi tetep gue masukkan di sini karena ini adalah andalan gue banget buat pesen hotel/hostel di luar negeri dan browsing hotel di dalam negeri (meski kemudian pesennya tetep di OTA dalam negeri). Alasannya adalah:

  • Gue sukak banget user interface-nya! Tampilan Booking.com ini enak banget, dari layout, font, foto-foto, kolom pencarian, fitur-fiturnya, dsb.
  • Harga jujur. Nggak kayak Agoda, harga yang ditampilkan di Booking.com adalah harga final yang nggak akan berubah sampai tahap pembayaran. Di Agoda, harga yang ditampilkan di halaman pencarian adalah harga yang belum ditambah pajak dan biaya adminitrasi.
  • Pilihan hotel/hostel yang lebih banyak di luar negeri, walaupun OTA dalam negeri kita juga udah mulai bekerjasama dengan akomodasi luar negeri sekarang.

Kamu suka pake Booking.com juga?

Kalo kamu, OTA atau aplikasi travel apa aja yang kamu biasa pake buat mempersiapkan perjalanan kamu?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *