9 Ide Konten Traveling Buat di Instagram versi thetravelearn

KRL Jogja Solo dan Kereta Prameks malah lebih gampang lagi, cukup menunjukkan sertifikat vaksin.

Buat postingan atau IG Story tentang menjelajahi destinasi lokal di sekitar. Kamu bisa memberi rekomendasi trek, area perkemahan, atau jalur hiking yang jauh dari hiruk-pikuk kota. Tempat-tempat ini juga aman untuk dikunjungi di tengah pandemi. Mau wisata di dalam kota seperti wisata kuliner, budaya, sejarah, dan seni juga bisa, tapi pastikan kamu dan pengelola tempat-tempat tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Visual Ideas: foto/video terbaik kamu saat sedang berada di destinasi terkait dengan gaya bercerita

Bagikan Tips Packing yang Bermanfaat

Kamu dapat mengkhususkan posting tentang “cara mengemas” sesuai tema-tema spesifik seperti packing buat nonton konser/festival musik, perjalanan ski, atau berpetualang di alam. Bisa juga dengan membuat cara packing yang cepat, aman, atau mematahkan anggapan umum. Banyak traveler yang sering merasa kesulitan untuk memutuskan barang apa aja yang perlu dibawa, dan postingan kamu bisa sangat membantu dalam memutuskan apa yang dibutuhkan seorang wisatawan dalam perjalanan tertentu. Kamu juga dapat menulis tentang cara memasukkan semua barang ke dalam bagasi tanpa harus over capacity.

Visual Idea: foto kamu sedang memanggul ransel, atau menggeret koper. Bisa juga dengan foto ransel atau kopernya aja dengan sedikit memperlihatkan isian di dalamnya. Kalau mau video, bisa buat video tutorial untuk IG Reels, itung-itung sekalian halu mau traveling, hehe.

Bagikan Aplikasi Perjalanan Favorit Kamu

Postingan bermanfaat lainnya dapat berupa daftar aplikasi yang berguna buat traveler versi kamu. Ada banyak banget aplikasi yang tersedia di internet atau Google Play, mulai dari penerjemah bahasa dan peta hingga aplikasi online travel agent. Kadang suka bingung sendiri memilih aplikasi yang paling oke dari sederet pilihan serupa. Nah, rekomendasi dari kamu bisa sangat membantu.

Kasih tahu apa aja aplikasi traveling yang kamu install atau paling sering kamu pake, lalu jelaskan fungsinya. Bagikan juga plus dan minus masing-masing aplikasi kalau ada 2 atau lebih aplikasi yang mirip-mirip, You-Know-What hehe.

Visual Idea: foto lagi memegang smartphone di tengah perjalanan

Bagikan Bucket List Kamu

Pasti setiap orang punya travel bucket list, dan salah satu cara untuk engage dengan audiens kamu adalah dengan share daftar impian kamu. Pengen merasakan cepatnya kereta api shinkansen? Ngopi-ngopi ganteng/cantik di tepi Sungai Danube? Menyelam dalam jernihnya laut Derawan, atau menapaki Puncak Wayag di Raja Ampat?

Posting bucket list kamu, dan ceritakan alasan kamu memasukkannya ke dalam daftar. Orang-orang suka saling membaca wishlist masing-masing karena memberi mereka ide untuk ditambahkan ke daftar mereka sendiri! Cobain deh saling bertukar atau berbagi bucket list sama followers kamu.

Visual Idea: foto saat sedang melamun di kasur atau di meja kerja, atau foto terbaik di salah satu destinasi dari bucket list yang sudah terwujud.

Buat Postingan Tentang Olahraga dan Tips Tetap Sehat Saat Bepergian

Melakukan perjalanan atau traveling sering kali bisa membatasi pilihan olahraga kita, padahal tetap bugar adalah salah satu prioritas utama bagi beberapa pelancong. Buat postingan dan kumpulkan ide agar tetap bugar dan sehat selama perjalanan. Sebutkan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan di destinasi wisata tertentu agar tetap sehat dan menikmati liburan. Bisa juga ceritain tentang jarak sosial dan sanitasi. Ini adalah salah satu detail terpenting yang harus ditangani dalam situasi saat ini. Berikan pencerahan kepada orang-orang tentang cara agar mereka tetap aman dari virus saat bepergian.

Kalau kamu masih stay at home aja atau hanya staycation dalam beberapa bulan terakhir, bisa share olahraga atau latihan-latihan yang bisa dilakukan dengan mudah untuk workout di rumah. Buat yang hobi review hotel kayak gue, bisa juga post tentang hotel-hotel recommended dengan fasilitas gym/fitness center dan kolam renang.

Visual Idea: foto/video workout di kamar, yoga di rumah, nge-gym di hotel, berenang di kolam renang, atau simply foto saat berjalan kaki di destinasi

Buat Instagram Reels tentang Perjalanan Sebelum Pandemi

Kurasi foto-foto dan video terbaik kamu sebelumnya dan buat video perjalanan untuk dibagikan ke followers kamu. Ini juga merupakan cara cerdas untuk menyiasati kondisi saat ini dengan menampilkan destinasi atau pengalaman yang telah kamu tulis atau sebutkan di postingan kamu sebelumnya. Yuk, ubek-ubek lagi galeri atau harddisk laptop kamu, siapa tahu masih banyak kenangan yang diendapkan.

Bikin Quiz atau Giveaway

Kamu bisa berinteraksi dengan followers dengan memanfaatkan fitur-fitur IG Story seperti Ask A Question, Poll, Quiz, atau Love Meter. Posting foto dan buat followers kamu menebak destinasi atau tempat yang dimaksud. Contohnya bisa kayak “Apakah Kamu Lebih Suka” atau posting dua destinasi perjalanan dalam 1 foto dan minta audiens untuk memilih salah satu. Ini juga membantu kamu mengenal audiens lebih baik dan memahami tren saat ini.

Kesimpulannya, kamu nggak perlu selalu jalan-jalan untuk membuat konten berbasis perjalanan. Dengan sebagian besar orang terjebak di rumah mereka, kita pun akhirnya “mencari pelarian” dengan smartphone untuk mencari konten terkait perjalanan. Jadilah kreatif dan coba ide-ide yang disebutkan di atas untuk menghibur followers dan temen-temen kamu! Ide-ide ini pasti akan membuat interaksi lebih menyenangkan dan membuka mata. Yuk kurasi posting dan cerita kamu sekarang! Keep learning by traveling. YANG KANGEN TRAVELING MANA SUARANYAAAA?

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *