Cara-Cara Mendapatkan BIG Points AirAsia Selain Dari Tiket Penerbangan

Di dalam penerbangan AirAsia Kuala Lumpur – Macau, mas-mas FA sedang mengonfirmasi nama gue untuk mengantarkan pesanan

Sebagai karyawan yang masih miskin gaji, tiket promo atau kursi gratis AirAsia adalah salah satu harapan terbesar kita untuk bisa berjalan-jalan menjelajah dunia. Kita rela begadang dan berburu berhari-hari demi mendapatkan tiket murah menuju destinasi yang kita mau. Padahal, selain berburu tiket promo atau free seat, kita juga bisa dapet penerbangan gratis AirAsia (atau minimal harganya lebih murah) berbekal BIG Points AirAsia yang kita punya!

Kadangkala, tiket yang udah kita beli jauh-jauh hari dari tiket promo terpaksa hangus karena kita harus membatalkan trip idaman kita untuk urusan pekerjaan, keluarga, atau bencana alam kayak wabah virus Corona. Nah, kalo udah punya modal poin AirAsia, kita bisa lebih fleksibel mengatur waktu perjalanan kita, travelearners. Selain itu, promo poin AirAsia biasanya punya periode penerbangan yang nggak terlalu lama dalam waktu yang nggak jauh-jauh amat.

Gue ceritain sedikit pengalaman gue dulu nih. Belum lama ini, gue berhasil membeli tiket penerbangan Jakarta – Singapura secara cuma-cuma berkat poin AirAsia, mengonversi Xtra Points CIMB gue menjadi 2.700 BIG Points AirAsia, dan dapet 500 poin lagi dari transaksi gue di Agoda. Saat gue cerita di Facebook, beberapa orang bertanya, “Itu harus berapa kali terbang biar bisa kayak gitu?” Padahal sebagian besar poin gue bukan hasil dari penerbangan.

Sebagai karyawan proletar non-manajemen di sebuah digital agency kecil-kecilan di Bandung, gue paling banter naik pesawat sebanyak 2-3 kali pulang-pergi dalam setahun. Itu pun cuma penerbangan-penerbangan jarak dekat yang durasinya paling lama hanya sekitar 3 jam. Terus itu juga masih dibagi sama maskapai lain, nggak melulu AirAsia. Tergantung destinasi dan harganya, hehe. Tapi ternyata, gue bisa juga redeem tiket penerbangan di AirAsia.

Jadi, udah mantep mau jadi anggota loyalty program AirAsia biar bisa terbang gratis dengan miles penerbangan? Baca tulisan ini sampai selesai, atau simak podcast berikut ini.


Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa mengumpulkan poin AirAsia BIG adalah dengan mendaftar jadi member. Disclaimer, this is not a sponsored post from AirAsia or any travel companies, gue semata-mata bikin tulisan ini dengan niat tulus untuk berbagi kepada rekan-rekan sesama backpacker. Nah, langkah-langkah mendaftar jadi member nggak akan gue jelaskan di sini karena ini bukan tulisan untuk itu. Kamu tinggal ikuti aja instruksi pendaftaran yang diberikan.

Setelah resmi menjadi member AirAsia, jangan lupa buat setia sama dia. Kalo mau beli tiket penerbangan, ya belilah di website AirAsia dan pastikan kamu udah log in. Apalagi sekarang AirAsia udah jadi one stop travel platform, di mana kamu juga bisa memesan hotel, sewa mobil, tiket wisata, bahkan penerbangan maskapai lain! Untuk penerbangan jarak dekat di region Asia Tenggara, poin yang didapat biasanya di kisaran 100-200 poin.

Homepage | airasiabig.com

 

Catatan: kamu nggak bisa dapet poin AirAsia untuk penerbangan atas nama penumpang lain, meskipun kamu udah beli dengan log in sebagai member. Data diri penumpang harus sama dengan data diri anggota.


Buka website airasiabig.com, dan pilih menu Earn & Redeem yang ada di headbar. Setelah itu, kamu akan dihadapkan sebuah tampilan baru dengan tab yang bisa kamu pilih: Fly AirAsia, Travel, Lifestyle, Points Conversion, dan Financial Services.

Earn and Redeem your AirAsia BIG Points

Lho, itu ada banyak promo poin, Gie. Gak perlu punya banyak-banyak berarti bisa dong.

Percayalah, untuk mendapatkan promo poin itu tidak mudah, Lakhsmi. Kamu mungkin perlu waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk mendapatkan tiket penerbangan ke destinasi dan tanggal yang kamu mau dengan poin seminim itu. Untuk fakir cuti kayak kita, waktu itu masalah krusial. Jadi daripada membiarkan diri dikontrol mesin, mari kita mengontrol sendiri kapan kita mau liburan. Ada amen, saudara-saudara?

Jadi, bertransaksilah melalui vendor yang ada di kategori Travel dan Lifestyle itu. Contoh sederet brand populer yang tersedia adalah Agoda, Booking.com, ZEN Rooms, Trip.com, dan AVIS. Masing-masing punya ketentuannya sendiri. Klik platform yang kamu mau, lalu lanjutkan bertransaksi seperti biasanya. Gak usah bingung apakah harus log in lagi di platform vendor, karena kamu sudah ter-redirect dari website airasiabig. Makanya, benefit ini cuma bisa kamu dapet kalo kamu mengaksesnya dari website airasiabig. Nggak bisa enggak!

Baca Juga: Pengalaman Membeli Tiket Kereta Cepat China dengan Trip.com

Gue kasih contoh buat Agoda. Setelah klik Agoda dari airasiabig, gue akan diarahkan ke website Agoda yang terbuka otomatis di tab baru. Gue lakukan transaksi seperti biasanya, memesan hotel Ibis Jakarta Kemayoran untuk tanggal 22-23 Februari 2020. Penting, pilih tipe kamar yang sudah termasuk BIG Points AirAsia. Harganya memang sedikit lebih mahal, jadi anggep aja kamu mencicil tiket penerbangan kamu sendiri.

Produk travel yang bermitra dengan AirAsia BIG

Centang kotak PointsMAX, pastikan tipe kamar yang dipesan memberi benefit poin AirAsia

Setelah itu, selesaikan transaksi kayak biasanya. Buat pemesanan di Agoda untuk Hotel Amaris Bandung Setiabudi minggu lalu, gue dapet 500 poin AirAsia! Lumayan banget, kan? Jumlahnya bahkan lebih banyak dari poin yang gue dapat dari penerbangan. Poin akan segera masuk setelah kamu menyelesaikan periode menginap. Bayangin aja, andai sebulan sekali kamu bertransaksi dan dapet 500 poin, dalam setahun kamu bakal bisa dapet 6000 BIG Points AirAsia!


Seperti yang bisa kamu lihat di menu Points Conversion dan Financial Services, ada banyak bank yang menjadi mitra AirAsia. Dulu malah ada GoPay juga, jadi GoPoints kita bisa ditukar menjadi BIG points AirAsia. Sayangnya saat itu GoPoints gue belum banyak dan sekarang promonya udah gak ada.

Sederet bank yang bermitra dengan AirAsia BIG

Dari 6 rekening bank yang gue miliki, yang terlama adalah CIMB Niaga. Selain rekening bank, gue juga punya kartu kredit CIMB Niaga yang udah aktif gue gunakan sejak 2016 sampai gue keteteran bayar tagihan sendiri. Baca ceritanya di: Perjuangan Panjang Terlepas dari Hutang Kartu Kredit

Syukurlah, CIMB Niaga menjadi salah satu mitra penukaran poin AirAsia. Ternyata, selama hampir 4 tahun ini gue udah mengumpulkan lebih dari 13.000 Xtra Points CIMB Niaga. Woo-hoo! Sesuai instruksi penukaran poin yang diberikan, gue menghubungi Call Center CIMB Niaga di nomor 14041. Dari situ, gue mengutarakan keinginan gue kepada Phone Banking Officer. Sebanyak 13.000 poin gue (harus ada sedikit yang disisakan) bisa diubah menjadi 2.700 BIG points AirAsia dalam maksimal 7 hari kerja. Seperti yang udah kamu lihat, poinnya udah masuk di akun gue, hehe.

Syukurlah CIMB Niaga juga menjadi mitra AirAsia BIG

Petunjuk mengonversi Xtra Points CIMB menjadi poin AirAsia

Gue juga udah mau bikin kartu kredit AirAsia yang bekerjasama dengan Bank Permata. Sayangnya saat ini gue udah punya 2 kartu kredit. Untuk karyawan dengan gaji kayak gue, batas maksimal kartu kreditnya adalah 2 biji saja. Kalo kamu belum ada kartu kredit, atau baru punya satu, coba bikin deh. Seinget gue sekarang masih promo.


Gue lupa gimana caranya gue jadi anggota YouGov. Pokoknya, kamu segera daftar jadi anggota deh, terus hubungkan akun YouGov kamu sama akun airasiabig kamu.

YouGov adalah sebuah laman mengisi survey. Setiap ada survey baru, kita akan mendapatkan email. Masing-masing survey biasanya akan dihadiahi puluhan hingga di atas 100 poin tergantung jumlah pertanyaannya. Iya, survey-nya memang kadang membosankan dengan pertanyaan dan pilihan berganda yang nggak memanusiakan atau topik yang nggak menarik buat kita. Tapi demi AirAsia, tabahlah…

Poin YouGov bisa ditukarkan untuk BIG Points AirAsia

Setiap 5.000 poin YouGov bisa ditukarkan menjadi 2.500 poin AirAsia. Lumayan banget, tapi memang kamu harus sedikit bersabar untuk meraih 5.000 poin. Selain AirAsia, poin juga bisa ditukar menjadi voucher Tokopedia, pulsa, atau menjadi uang yang dikirim ke akun PayPal kita.


Iya, monmaap banget, gue agak telat bikin tulisan ini. Beberapa poin AirAsia gue itu didapat dari review yang gue buat di TripAdvisor. Jadi, TripAdvisor bekerjasama dengan AirAsia (juga Garuda Indonesia) supaya tiap review yang kita buat mendapat reward berupa mileage penerbangan. Jumlahnya biasanya 5 miles doang, tapi tempat-tempat yang jarang diulas bisa dapet 20 miles! Ada keterangan jumlahnya dan ikon pesawat kecil di samping nama tempatnya. Lumayan, sebulan kalo rajin bisa dapet 50-100 miles.

Sayangnya, saat gue buka laman tripadvisor.com/AirAsia di awal tahun ini, URL-nya udah nggak berfungsi, yang berarti kerjasama ini udah nggak ada. Sayang sekali, ya. Karir gue di TripAdvisor ini banyak terbantu berkat kiprah (((kiprah))) gue sebagai hotel reviewer.


Jujur, penerbangan Jakarta – Singapura yang gue redeem dengan lebih dari 8.000 BIG Points itu adalah keputusan terburu-buru karena ribuan poin gue akan hangus pada 31 Desember 2019. Andai gue lebih bijak sebelumnya dan rajin memantau promo poin AirAsia, rute pendek itu bisa gue redeem dengan jumlah poin yang jauuuhhh lebih sedikit dan untuk perjalanan yang lebih berfaedah, misalnya untuk penerbangan Bandung – Kuala Lumpur – Macao atau Hong Kong – Kuala Lumpur – Bandung pada Mei 2019 lalu.

Anyway, penerbangannya bulan April 2020, dan sekarang lagi marak wabah virus Corona. Tolong doakan supaya bulan April virusnya udah bersih atau minimal udah membaik. Gue nggak tau kalo wabah kayak gini bisa bertahan berbulan-bulan. Pas dulu wabah SARS, gue masih SD jadi nggak terlalu paham. Trip ke Manila bulan Februari 2020 udah gue cancel, gue bisa nangis kejer kalo sampe ada trip lagi yang harus gue cancel, apalagi ini gue bayar dari poin yang gue kumpulkan secara susah payah bertahun-tahun. Maap keterusan curhat.

Nasi Lemak Pak Nasser, AirAsia’s signature on board meal

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat kamu yang lagi cari cara bisa terbang gratis atau terbang murah dengan AirAsia. Silakan jadikan kolom komentar di bawah ini sebagai forum berdiskusi. Tips mana aja yang udah kamu lakukan buat mengumpulkan BIG Points AirAsia? Ada tips yang belum gue tulis? Share di kolom komentar, ya. Tulisan ini akan gue update begitu ada info baru yang gue ketahui. Cheers, keep learning by traveling~

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *