Ibis Budget Menteng: Hotel Bintang 2 Plus-Plus di Jakarta Pusat

Hari Jumat hingga Minggu pada 17-19 November 2017 lalu, thetravelearn mendapatkan kesempatan untuk menginap di Ibis Budget Hotel Menteng, Jakarta Pusat. Saat itu, gue menghadiri pernikahan salah satu kawan baik yang digelar pada hari Sabtu. Ini adalah kedua kalinya gue menginap di unit Ibis Budget Hotel setelah Ibis Budget Jakarta Tanah Abang beberapa minggu sebelumnya.

Eh tapi tunggu, jangan buru-buru main asumsi, meski sama-sama punya nama “Ibis Budget”, ternyata unit di Menteng ini beda banget lho sama Ibis Budget Jakarta Tanah Abang! Heh?


Lokasi dan Eksterior Ibis Budget Menteng

Hotel Ibis Budget Jakarta Menteng beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto no. 79, Jakarta Pusat. Meski nggak dilalui jalur TransJakarta atau Commuter Line, tapi driver ojek atau taksi online nggak akan susah deh nemuin hotel ini. Lokasinya persis di samping Taman Menteng dan di seberang sebuah mal bernama Menteng Central. Sekiranya mau naik kereta, Stasiun Sudirman dan Cikini adalah 2 stasiun terdekat dari hotel ini.

Selain itu, Ibis Budget Jakarta Menteng juga terletak dekat dengan Taman Suropati, Situ Lembang, Stasiun Gambir, dan kawasan wisata Monas – Istiqlal – Katedral. Makanya, gue bilang lokasinya strategis!

ibis budget jakarta menteng tampak depan

Berbeda dengan bangunan Ibis Budget Jakarta Tanah Abang dan Ibis Budget Cirebon yang bangunannya ramping ke atas, unit di Menteng ini menempati sebuah bangunan yang memanjang dalam 2 lantai. Asyiknya lagi, hotel ini berbagi tempat dengan Starbucks, Liberica Coffee, dan sebuah café kecil lagi yang gue lupa namanya, hahaha. Jadi, nggak perlu bingung cari makan kalau laper tapi males ke tempat-tempat jauh. Oh, kalau mau opsi yang lebih murah, tinggal melipir ke Taman Menteng. Ada banyak warung-warung makan yang ramai dikunjungi kawula muda Jakarta yang selesai berolahraga (atau pacaran) di taman.

Baca juga ulasan HOTEL DES INDES MENTENG, hotel bintang 4 vintage di seberang Ibis Budget Menteng.


Check-In dan Lobi

Gue tiba di hotel pada malam hari dengan kereta Argo Parahyangan yang berangkat pukul 14:00 dari Stasiun Bandung. Kondisi lobi saat itu sedang ramai dengan calon penghuni, sehingga gue harus menunggu beberapa saat. Untungnya, selain punya kursi-kursi tunggu yang nyaman, area lobi ini juga dilengkapi dengan Welcome Drink! Hotel bintang 2 mana lagi yang menyediakan fasilitas kayak gini? Di sudut lobi itu, calon penghuni dapat menunggu antrian check-in sambil menyesap secangkir teh atau jahe hangat.

menikmati kopi di ibis budget menteng

kopi dan complimentary drink (yang sedang dipakai meeting)

minuman di lobi ibis budget menteng

koridor yang dilapisi karpet di lantai 2

Selain complimentary drink, penghuni juga dapat membeli secangkir kopi, minuman botol, atau membaca surat kabar di lobi. Kopi dapat dinikmati dengan harga Rp 10.000,00 aja kok. Pokoknya, nggak akan mati gaya deh kalau harus nunggu antrian check-in di sini!

Baca juga ulasan IBIS JAKARTA KEMAYORAN.


Fasilitas Kamar Ibis Budget Menteng

Kamar 225 menjadi pilihan hotel untuk menginapkan gue selama 2 malam ini di Ibis Budget Jakarta Menteng. Lantai 2 dapat diakses melalui elevator di samping lobi atau eskalator. Ternyata kamar 225 ini lokasinya enak banget, berada di samping elevator (lift) dan berhadapan dengan pintu menuju ruang makan atau eskalator.

Begitu membuka pintu dan masuk ke dalam kamar, ya ampun maaakkk — kamarnya luaaasss! Ditambah 1 extra bed pun, gue yakin masih ada ruang kosong yang cukup luas untuk mobilitas. Duh, rasanya gue bisa latihan dance di kamar ini tanpa takut kepentok dinding atau kasur, hahaha.

Selain itu, ternyata pihak Ibis Budget Jakarta Menteng sudah mempersiapkan sambutan yang hangat melalui greeting card, handuk berbentuk gajah di atas ranjang, dan complimentary snacks di atas meja. Makanan ringan itu terdiri dari 3 kue manis dan 1 kue semacam sandwhich yang gurih, udah nyaris sama dengan makanan berat. Makasih ya, Ibis. Kebetulan gue memang sampai di kamar dalam kondisi perut kelaparan 😀

Ada banyak tempat untuk meletakkan barang di sini. Pertama, adalah sebuah meja kecil di samping tempat tidur. Kedua, adalah sebuah meja kerja yang berdampingan dengan kursi di sudut kamar. Meski desainnya sederhana, tapi ukurannya lebar dan panjang, mampu mengakomodasi laptop berukuran besar, ponsel, kamera, cangkir, dan barang-barang lainnya. Ketiga, ada sebuah meja layang di atas meja kecil di samping tempat tidur, yang bagian bawahnya difungsikan untuk menggantung pakaian. Keempat, kalau masih kurang juga, ada sebuah balok memanjang di atas headbar tempat tidur.

kamar standard queen ibis budget menteng

“gajah” dan greeting card

meja layang dan gantungan baju

yeah! ada complimentary snack!!!

meja kerja yang nyaman banget

Wastafel berada di depan kamar mandi. Di atasnya sudah tersedia 2 buah gelas dan complimentary slippers. Saat gue masuk ke kamar mandi, ya ampun mak — luas jugaaa! Kamar mandi berbentuk L itu dibedakan dalam area toilet dan bilik shower yang masih cukup luas, beda banget sama hotel bintang 2 pada umumnya. Gue suka material ubin yang digunakan, menciptakan suasana klasik yang nyaman dan menenangkan.

Satu hal lagi yang gue suka dari kamar mandi di Ibis Budget Jakarta Menteng ini: shower alias pancurannya. Nggak kayak hotel-hotel budget lainnya, shower di hotel ini tertanam di langit-langit, gue jadi bisa mandi dengan lebih santai tanpa harus capek-capek memegang gagang shower. Selain itu, air panasnya mudah diatur, dan bahkan saat sampai di titik tertingginya pun — panasnya tetap nyaman buat kulit, nggak nyelekit!

wastafel dan kamar mandi di ibis budget menteng

Sama seperti hotel-hotel Ibis Budget lainnya, Ibis Budget Jakarta Menteng memiliki tipe kamar Queen Standard, Twin Standard, dan Bunk Bed (3 tempat tidur). Jumlah seluruh kamarnya 135 unit.

Baca juga ulasan DAFAM EXPRESS JAKSA, hotel bintang 2 di dekat Stasiun Gambir.


Fasilitas Hotel Ibis Budget Menteng

Hotel Ibis Budget Jakarta Menteng menyediakan sarapan untuk penghuninya. Meski nggak semeriah di hotel-hotel bintang 3, tapi menunya cukup banget kok buat mengisi energi travelearners yang aktif setiap saat. Lauknya terdiri atas telur dadar, sayur kacang panjang, ubi, roti tawar dengan selai, sereal, dan pilihan minum kopi, teh, atau infused water.

ruang makan di ibis budget menteng

sarapan prasmanan di ibis budget menteng

menikmati sarapan di ibis budget menteng

Saran gue nih, catat baik-baik, jangan terlalu siang mengambil sarapan. Penginapan rendah biaya seperti ini memang dikenal memiliki jumlah staf yang juga ramping, seramping perut gue. Lauk yang habis memang akan diisi kembali, tapi nggak segesit dengan penggantian di hotel-hotel bintang 3 ke atas.

Hotel memiliki 1 ruang rapat yang ada di samping area makan.


Baca juga ulasan RED PLANET PASAR BARU JAKARTA dan POP HOTEL PASAR BARU JAKARTA.

Kesimpulan

Gue recommend banget hotel bintang 2 yang satu ini. Harganya di bawah Rp 400.000,00 dan lokasinya strategis di Jakarta Pusat! Dekat sama Taman Menteng, Taman Ismail Marzuki, Stasiun Gambir, Stasiun Cikini, Stasiun Sudirman, busway TransJakarta (0.5 kilometer), dan obyek wisata wisata Monas – Masjid Istiqlal – Gereja Katedral. Kamarnya nyaman dan luaaasss, kamar mandinya juara! Ada complimentary drink dan gerai Starbucks atau Liberica Coffee di area ritelnya. Cuuusss pesan di web resmi AccorHotels.com (jangan lupa daftar jadi anggota) atau di online travel agency lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *