Ketagihan Menginap di Hotel Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Novotel Jakarta Mangga Dua Square, hotel bintang 4 di Jakarta yang dekat dengan kawasan belanja, wisata, kuliner, dan mudah dijangkau dengan transportasi umum (busway TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT). Oke, ‘kan? Baca tulisan ini sampai habis! Gue bakal share detil fasilitas di Novotel Mangga Dua dan cerita pengalaman menginap gue di sana.

Gue menginap di Novotel Mangga Dua di hari Sabtu-Minggu, 13-14 Juli 2019. Kali ini gue nggak sendiri, tapi staycation bareng temen-temen Teman Hotel Reviewer (THR). Rasanya seneng banget bisa ketemu lagi sama mereka, ngobrol panjang lebar, dan beristirahat dalam satu atap. Selain menginap satu malam, kami juga mencicipi makan siang dan makan malam di Novotel Mangga Dua. Pokoknya selama 2 hari 1 malam itu kami nggak ke mana-mana, semua kegiatan dilakukan di hotel, bener-bener staycation yang haqiqi!

:good::good:


Lokasi Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Novotel Mangga Dua beralamat di Jalan Gunung Sahari no. 1, Pademangan, Jakarta Utara, berada di dalam komplek pusat perbelanjaan Mangga Dua Square. Jangan terkecoh, meski secara administratif ada di wilayah “Jakarta Utara”, tapi lokasi Novotel Mangga Dua ini masih tergolong di tengah DKI Jakarta.

Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Reception desk, Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Sit and relax at Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Admiring the lobby of Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Sekitar jam 12:00, gue tiba di drop-off point Xtrans Blora yang berangkat jam 8:10 molor dikit dari pick-up point Xtrans Pasteur. Setelah makan siang di sebuah rumah makan mi ayam, gue merapat ke Stasiun Sudirman yang memang deket dari situ. Dari Sudirman, gue naik KRL Commuter Loop Line (jalur kuning) arah Tanah Abang / Duri / Jatinegara, lalu turun di Stasiun Kampung Bandan. Ongkosnya cuma Rp3.000 dan tingkat kepadatan penumpang saat itu masih bearable lah.

Jadi kalo kamu mau naik MRT Jakarta, naik aja sampe Stasiun Dukuh Atas lalu berpindah ke Stasiun Sudirman dan ikuti rute gue di atas, Sementara kalo mau naik TransJakarta, bisa naik busway koridor 5/10H/12 dan turun di halte Gunung Sahari Mangga Dua. Tiba di halte, kamu tinggal menyeberang ke mall Mangga Dua Square lalu masuk ke Novotel Mangga Dua melalui Gate 3. Sementara kalo dari Stasiun Kampung Bandan kayak gue, harus jalan kaki beberapa ratus meter dulu melalui gang perkampungan. Dari Gate 3, udah kelihatan papan nama Novotel berukuran besar yang sukses mencuri perhatian.


Lobi Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Saat gue akhirnya sampai di reception area Novotel Mangga Dua, kondisi saat itu rameee banget! Ada banyak tamu dari Timur Tengah, beberapa di antaranya sudah mengantre di depan meja penerimaan. Untung mas Ridho @hotelopedia udah check-in duluan dan udah ada di dalam kamar, jadi gue tinggal dijemput di lobi.

Ngomong-ngomong, meski berlangit-langit rendah dan nggak terlalu luas, tapi gue suka banget lobinya Novotel Mangga Dua Square ini! Pencahayaan, material, dan furnitur yang digunakan menciptakan kesan elegan. Dekorasinya pas, tak berlebihan. Gue yang wawasan arsitekturnya sangat terbatas ini susah buat menceritakannya, so I’ll let the pictures tell you.

Seating area, Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Seating area, Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Internet Corner, Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Reception area Novotel Mangga Dua dilengkapi dengan seating area di berbagai sudut dengan sofa-sofa yang nyaman dalam berbagai rupa dan ukuran. Ada pula internet corner dengan 1 unit personal computer Apple, selfie booth, dan spa & massage counter. Empat buah elevator ditempatkan di sudut aula.


Kamar Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Gue dan temen-temen THR diinapkan dalam kamar-kamar di lantai 7. Kamar Deluxe yang kami tempati ini memiliki luas 32 m², legaaa! Di luar dugaan, kamar-kamar di Novotel Mangga Dua hadir dalam balutan desain interior modern yang elegan dan segar. Lantainya terasa hangat dipijak berkat karpet yang empuk. Kursi dan meja kerja yang lapang ditempatkan dengan apik di sudut kamar, bersisian dengan jendela lebar bertirai yang menghadap ke kolam renang di lantai 5.

Selain fasilitas standar (TV, AC, dan air panas), kamar juga dilengkapi dengan coffee & tea maker dengan 2 pasang cangkir dan gelas, minibar, slippers, safety box, dan walk-in closet. Kesan lux semakin kuat ketika melihat varian air mineral yang disediakan. Bukan air mineral Aqua dengan botol plastik seperti yang biasa kita temukan, namun air mineral Aqua dengan botol kaca! Di samping area kerja, ada area santai dengan sofa dan coffee table. Saking gedenya, sofa bisa difungsikan sebagai tempat tidur orang ketiga (((orang ketiga))).

Panoramic picture of our Deluxe Room | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Novotel Jakarta Mangga Dua Square

The window overlooking the swimming pool | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Sebenernya ini adalah 2 twin-bed yang disatukan hahaha | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Sofa, coffee table, working area | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Urusan di atas ranjang, bedding kamar Deluxe Novotel Jakarta Mangga Dua Square ini memanjakan tamunya dengan 3 buah bantal! Masing-masing adalah bantal putih reguler, bantal putih berukuran besar namun lebih tipis dari bantal reguler, dan bantal kecil berwarna biru muda.

Urusan permandian pun ternyata datang di atas bayangan! Tamu sudah disediakan 2 pasang handuk, sepasang bathrobe (jubbah mandi), hair dryer, dan toiletries lengkap. Toiletries-nya terdiri dari 2 buah shower gel, 2 buah shampoo, hair cap, bar soap, odol, sikat gigi. Area basah dan area kering dipisahkan oleh dinding kaca. Walaupun shower-nya bukan yang bertipe rainforest, tapi pancuran tetap berfungsi baik dan mudah disesuaikan. Ada tempat untuk meletakkan peralatan mandi.

The hot shower works fine | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Glass wall for shower | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Nah nah, kalo melihat area basahnya, beberapa di antara kamu pasti bertanya-tanya: itu dindingnya terbuka ke arah kamar? Tenang, beb. Salah satu sisi dinding pada bilik pancuran memang terbuat dari material kaca bening yang terbuka ke arah kamar, tapi ada tirai putih yang bisa dibukatutup saat dibutuhkan kok. Jadi privasi kamu tetap terjamin.


Makan Malam di Gourmet Bar Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Malam hari setelah seluruh peserta gathering berkumpul―@kepinhelmy, @krisnabrataa, Agus @fnd_familytrip, Halim @hotelindoo, Faiz @doyandolan91_, dan mas Ridho Hotelopedia―kami serempak turun ke lantai 5 untuk makan malam di Gourmet Bar, salah satu restoran yang dimiliki oleh Novotel Mangga Dua.

Menu makanan yang kami pesan adalah Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu (pesenan gue), Beef Burger, Nasi Goreng Kampung, Nasi Goreng Buntut, Tenderloin Steak, Rib-Eye Steak, dan nacho. Sementara untuk minuman, kami pesan Virgin Mojito, Watermelon Juice, Red Pattaya, Tropical Juice, Virgin Pina Colada, dan Peanut Frost. Ikan bakar gue hadir dengan tampilan yang sederhana, tapi enak kok, apalagi kangkungnya. Beef Burger-nya enak dan daging sapinya tebel. Nacho-nya juga enak. Gue icipin kedua nasi goreng yang dipesan dua member THR lainnya itu, enak juga dan masing-masing punya citarasa yang unik! Sementara menu lainnya nggak sempet gue cobain, hehe.

Nacho | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Beef Burger | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Nasi Goreng Buntut | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Lets dig in! | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Sambil menunggu makanan datang, kami ngobrol panjang lebar dari soal perhotelan, film-film Marvel, sampai serial Netflix. Untuk masalah harga, setara dengan desain interior dan nuansa yang diberikan, middle-up gitu beb. Jadi supaya leluasa memilih menu (makan + minum) di sini, siapin aja kocek sekitar Rp150.000,00.


Sarapan dan Makan Siang di Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Keesokan harinya, gue bangun pagi-pagi supaya bisa foto-foto di lobi, Premier Lounge, dan fitness center (baca ulasannya di bawah). Setelah itu, gue sarapan bersama teman-teman reviewer lainnya.

Sarapan di Novotel Mangga Dua ada di Food Exchange (lantai 5) yang berada persis di samping Gourmet Bar, bahkan di antara keduanya nggak ada pembatas masif. Tapi, tamu dianjurkan untuk tetap menikmati sarapan di area Food Exchange dan bukan di Gourmet Bar. Mungkin buat menjaga suasana dan kebersihan bar, ya. Pilihan menu buat sarapannya bervariasi, tapi nggak berlebihan, gue nggak sampe pusing buat memilih menu. Ada menu nusantara, ada pula menu sarapan ala western, nasinya tersedia dalam beberapa pilihan. Pilihan gue jatuh pada nasi kuning, omelet, daging, sosis, fillet ikan, ham, sayur brokoli, beberapa macam kue, dan jus jambu.

Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Welcome to the Food Exchange | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Happy breakfast! | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

My choices for breakfast | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Cakes for desert 😀 | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Desain interior Food Exchange ini modern, elegan, dan mewah! Sekali lagi, keterbatasan wawasan arsitektur membuat gue nggak mampu mendeskripsikannya dengan sempurna. Makanan dan minuman ditata pada island dan konter-konter yang dapat diakses tamu dari 4 atau 2 sisi. Para tamu hotel duduk menempati kursi-kursi sofa yang sudah ditata rapi dalam beberapa macam set. Nuansa elegan ini nggak gue sadari saat sarapan karena suasananya sangat riuh! Untungnya saat ke sini lagi buat makan siang sebelum check-out, suasana restoran lebih sepi sehingga gue bisa mengagumi detil penataan interior ruangan.

Ternyata sajian makan siang di Novotel Mangga Dua berbeda dari sarapan lho, namun tetap bervariasi. Kali ini gue memilih nasi goreng sebagai sumber karbohidrat utama. Selain kuliner nusantara dan western (gue sempet cicipi sedikit spaghetti), kuliner Jepang juga mengisi cukup banyak spot di island makanan. Ada ramen, macam-macam sushi, dan kudapan Jepang lainnya. Buat kuliner nusantara, konter ayam penyet hadir mendampingi konter mie tarik yang sudah ada sejak sarapan. Tamu bisa memilih sendiri daging ayam dan lauk pauknya (tahu, tempe, dll) lalu menyaksikan sang koki beraksi di balik meja konter.

The main island, Food Exchange | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Seating area, Food Exchange | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

The bar and the restaurant | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Duh, monmaap banget kalo review sarapan dan makan siang ini agak-agak nggak jelas. Menunya banyak, gue nggak bisa icip semua, dan gue cuma semalam di Novotel Mangga Dua. Tumben-tumbennya gue nggak foto buffet area di setiap sudut yang biasanya gue lakukan untuk membantu menulis review. Kayaknya karena saat itu udah terlalu amazed dengan banyaknya fasilitas Novotel Mangga Dua yang gue nikmati. Idealnya, nginep 3-4 hari sih di sini biar bisa menikmati semua menu sarapan dan makan siangnya.

:peace::peace:


Premier Lounge Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Pagi-pagi sebelum sarapan, gue, mas Ridho, dan Faiz datang lagi ke Premier Lounge yang ada di lantai 8. Semalam, kami semua udah mampir juga ke sini bersama semua member THR, tapi belum menikmati fasilitas yang ada. Seperti namanya, Premier Lounge adalah sebuah lounge eksklusif yang disediakan pihak Novotel Mangga Dua. Nggak semua tamu punya akses ke lounge ini, hanya Platinum Member AccorHotels atau tamu yang menginap di kamar Premier. Kami yang menempati kamar Deluxe sebenernya nggak boleh masuk ke lounge ini. Namun sebagai hotel reviewer yang sudah bekerjasama dengan pihak hotel, jadi kami diperbolehkan.

Ngopi-ngopi di Premier Lounge Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Enjoying a quiet and relaxing ambience of Premiere Lounge Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Mau sarapan di Premier Lounge Novotel Jakarta Mangga Dua Square? Bisa!

Ada banyak banget seating area di dalam Premier Lounge Novotel Mangga Dua. Ada area dengan sepasang sofa panjang saling berhadapan, ada sofa panjang yang dipasangkan dengan kursi-kursi sofa, ada sofa extending yang berhadapan dengan kursi-kursi empuk, ada pula yang hanya berupa sepasang kursi sofa saling berhadap-hadapan. Mau buat laptopan sendiri, ngobrol berdua, ngobrol dalam forum kecil, ngerumpi, ghibah, atau malah meeting kecil sekalian, semua bisa!

Fakir listrik nggak usah cemas, karena colokan ada di banyak spot. Beberapa seating area juga dilengkapi dengan TV. If you need any assistance, selalu ada dua orang petugas yang siap membantu.

Buffet area, Premier Lounge Novotel Jakarta Mangga Dua Square

My favorite area at Premier Lounge | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Mau meeting kecil-kecilan? Bisa!

Saat malam, buffet area berada dalam keadaan kosong, tapi nuansanya elegan banget! Suka banget sama pemilihan furnitur dan lighting-nya. Spot favorit gue ada di area yang menghadap kolam renang. Sementara saat kami datang lagi besok paginya, beberapa menu sudah disiapkan di buffet area. Yes, Premier Lounge Novotel Mangga Dua bisa menjadi opsi tempat menikmati sarapan yang lebih tenang. Namun, menu sarapan di sini nggak selengkap menu di Food Exchange sebagai tempat sarapan utama, hanya ada menu-menu western breakfast yang ringan dan praktis.

Karena gue juga menyiapkan perut untuk sarapan di Food Exchange, saat di Premier Lounge pun gue cuma menikmati secangkir kopi dan membaca majalah travel yang disediakan.


Fasilitas Hotel Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Nah, sebelum mampir ke Premier Lounge pagi itu, gue sempet masuk ke dalam fitness center Novotel Mangga Dua. Monmaap nih, alur ceritanya maju mundur kayak Syahrini. Fitness center ada di lantai 5, satu lantai dengan kolam renang, Food Exchange, Gourmet Bar, dan area bermain anak (kids zone). Selain itu, di lantai ini juga ada ballroom. Pendek kata, fasilitas komunal Novotel Mangga Dua terkonsentrasi di lantai 5.

Fitness center Novotel Mangga Dua luas dengan peralatan yang cukup lengkap, seperti: dumbbell berbagai ukuran, alat-alat olahraga angkat berat, treadmill, sepeda statis, dsb. Dispenser air minum dan gelas tersedia di tepi ruangan. Salah satu sisinya memiliki jendela lebar yang menawarkan panorama kawasan Mangga Dua dan sekitarnya.

Workout dulu, Gengs! Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Fitness center Novotel Jakarta Mangga Dua Square

THR di kolam renang Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Kesimpulannya, satu malam di Novotel Jakarta Mangga Dua Square itu nggak cukup bangeeettt!!! Pengen icipin semua menu sarapan di Food Exchange. Pengen cobain sarapan di Premier Lounge. Pengen cobain breakfast on bed. Pengen ciblon di kolam renangnya yang nyegerin itu (gue bahkan nggak sempet sesi foto sendiri di kolam renang).


Dinner together | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Lokasinya strategis di tengah kota, bisa dijangkau dengan busway TransJakarta atau KRL. Tempat makan, tempat belanja, tempat wisata Jakarta juga deket. Sarapan, makan siang, dan makan malamnya enak-enak. Fasilitasnya lengkap banget, sangat memungkinkan buat bener-bener stay di hotel selama 2-4 hari tanpa keluar gedung sama sekali. Petugasnya juga ramah. Nggak cuma sama kami sebagai hotel reviewer kok, tapi tamu yang lain juga. Gue anaknya diem-diem memperhatikan, hehe. Novotel Jakarta Mangga Dua Square, I’ll be glad to be back.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *