Nomad Hostel Kemang Jakarta, Instagrammable Cuma Rp 100ribuan!

Beberapa waktu lalu, gue sempet share tentang 5 hostel di Bandung yang pernah gue inapi dan gue surprised dengan respon jemaah dunia maya. Thread yang gue bikin di Twitter tembus lebih dari 2.400 Likes dan masih terus di-like sampai sekarang! Ternyata warganet suka banget info-info kayak gini. Makanya, gue seneng banget ketika weekend kemarin gue dapet kesempatan nginep 2 malem di Nomad Hostel Kemang, Jakarta Selatan.

Sebelum masuk ke dalam cerita lebih lanjut tentang pengalaman nginep gue di Nomad Hostel Kemang, gue mau kasih tau dulu kalo Nomad Hostel Kemang ini adalah bagian dari Archipelago International yang mengelola jaringan Hotel Aston, The Alana, Harper, Quest Hotel, Hotel Neo, dan Fave Hotel. Karena udah pernah nginep di beberapa jaringan hotelnya, gue yakin sama kualitas pelayanan Nomad Hostel Kemang, dan ternyata keyakinan gue nggak salah! Berbanding terbalik dengan keyakinanku dengannya #eh.

:crying::crying:


Lokasi dan Check-In

Karena lokasinya yang berada di kawasan Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Kemang Barat no. 8 , gue memilih naik travel Cititrans tujuan Fatmawati dari Dipati Ukur karena deket banget sama kantor gue.  Begitu sampai di Cititrans Fatmawati, gue lanjutin perjalanan dengan ojek online yang ongkosnya juga cuma Rp8.000,00. Meskipun hostel baru (mulai beroperasi Juni 2018), tapi lokasinya udah terdaftar di Google Maps secara akurat. Babang ojek jadi nggak susah nyarinya. Kalo mau nyari perhatian kamu, harus ke mana? #eh

Gue amazed begitu sampai di depan Nomad Hostel Kemang. Desain fasadnya modern dan sophisticated! Gedungnya juga lebih besar dari perkiraan, gue sangka cuma bangunan kecil kayak hostel lainnya. Huruf “NH” yang berbalut warna-warna cerah dipampang dalam ukuran besar menyambut setiap tamu, dikelilingi dengan ornamen kotak bernuansa monokrom. Sisi depan lobi tampil kekinian dengan dinding kaca dan bingkai-bingkai berwarna hitam, sama halnya dengan sisi jalur elevator (lift) yang menghadap ke arah luar.

desain eksterior nomad hostel kemang

dinding kaca dengan bingkai-bingkai yang membatasi halaman parkir dan communal area

front officer yang ramah dan helpful

Begitu memasuki bangunan, gue segera disambut oleh sepasang front-officer yang tersenyum hangat di balik meja tugasnya. Nggak cuma mereka berdua, bapak satpamnya pun murah senyum lho. Setelah selesai dengan proses check-in, gue lalu diantar ke dalam 10-pod male dormitory room yang berada di lantai 1, di belakang front area. Kamu kapan nganter aku ke rumah orangtuamu?


Fasilitas Kamar Nomad Hostel Kemang

Ada total 192 pod di Nomad Hostel Kemang yang terbagi dalam 10-pod room, 14-pod room, 16-pod room, dan 20-pod room. Lantai 1 dan 3 digunakan buat male dormitory, sementara lantai 2 buat female dormitory. Bener-bener penginapan yang menghargai perasaan para jomblo!

:yeah::yeah:

Nomad Hostel Kemang ini bener-bener tempat nginep yang modern dan kekinian. Setiap kamarnya diakses dengan kode numerik yang beda-beda. Tombol nomor-nomornya pun bertipe touchscreen, bukan tombol konvensional. Jelas, kamar-kamar di Nomad Hostel Kemang lebih aman dari hostel-hostel pada umumnya. Kata sandi masing-masing kamar dicatatkan petugas di setiap kartu tamu, password-nya juga nggak ribet kok, gampang diinget dalam sekali usaha.

pod-pod nomad hostel kemang

setiap kamar dilengkapi dengan AC dan tempat sampah

Kamarnya bersih, adem, wangiii. Pod-pod Nomad Hostel Kemang disusun dalam 2 level seperti bunk bed. Masing-masing pod udah dilengkapi dengan selimut warna-warni, bantal, colokan listrik, tirai, dan loker yang terletak di bawah pod bagian bawah. Di bagian headbar ada space kecil, lumayan buat meletakkan barang-barang receh macam charger, earphone, atau botol minum.


Fasilitas Nomad Hostel Kemang

Sebagai bagian dari Archipelago International, Nomad Hostel Kemang memberikan yang lebih buat para tamunya! Communal area-nya yang jadi satu dengan lobi punya sofa yang nyaman, beberapa set meja-kursi kayu, dan beberapa bean bag dengan bantal-bantalnya yang menghadap ke arah TV bersama. Ruangannya adem, dilengkapi dengan colokan listrik, tapi tetep berlimpah cahaya alami berkat aplikasi dinding kaca dari kedua sisinya.

meja & kursi kayu di communal area nomad hostel kemang

dinding instagrammable di nomad hostel kemang

sofa yang nyaman di front area

santai nonton tv dengan bean bag | nomad hostel kemang

Kalo mau sambil ngemil atau ngopi-ngopi, tinggal order dari Public House, in-site café-nya Nomad Hostel Kemang. Ada spaghetti, macam-macam kue, dan kopi. Harganya standar banget kok, mulai dari Rp20.000an. Untuk sementara, Public House ini jugalah yang melayani sarapan kalian. Tapi tenang, gue sempet ngobrol-ngobrol sama Hostel Manager-nya, mas Yogi, dan dia mengungkapkan bahwa ia berencana menambahkan fasilitas free breakfast mulai bulan depan. Saat ini dia sedang mencari vendor yang tepat, asyiknya lagi dia pengen memberikan sarapan dengan nilai kearifan lokal seperti nasi kuning atau nasi uduk. Wah, semoga pas kamu nginep di sana, Nomad Hostel Kemang udah punya free breakfast ya!

public house | nomad hostel kemang

spaghetti and cakes | nomad hostel kemang

kue pilihanku | nomad public house

my choice for breakfast | nomad hostel kemang

Untuk sekarang, Nomad Hostel Kemang juga belum menyediakan fasilitas air minum gratis. Tapi gue udah sampaikan sama mas Yogi bahwa fasilitas air minum ini penting banget buat backpacker dan budget traveler. Setiap hostel yang pernah gue inapi selalu punya fasilitas free flow water dispenser yang ada di dapur atau communal room. Nggak masalah harganya naik sekian puluh ribu kalo sebagai gantinya kita dapet fasilitas sarapan dan air minum gratis, yekan?

Selain seating area, ruang bersama ini juga dilengkapi dengan bilyar dan foosball (soccer table). Seru banget! Baru kali ini gue ketemu hostel yang punya fasilitas kayak gini. Di outdoor communal area juga ada beberapa set meja-kursi dan portable swimming pool. Widih, bener-bener hostel rasa hotel ‘nih. Kamu yang dateng membawa kendaraan pribadi juga nggak usah cemas karena Nomad Hostel Kemang punya lahan parkir yang luas.

main bilyar di nomad hostel kemang

introducing sandy kharisma, a billiard expert

foosball (soccer table) | nomad hostel kemang

https://www.instagram.com/p/Bj_hms9BoYH/?taken-by=nomadkemang

portable swimming pool di outdoor communal area

Terus gimana dengan kamar mandinya? Nah, Nomad Hostel Kemang ini adalah hostel dengan kamar mandi terbanyak dan salah satu yang punya kamar mandi terbaik yang pernah gue temui. Lavatory ada di setiap lantai, masing-masing terdiri dari wastafel, toilet, dan bilik pancuran (shower room). Lavatory-nya bersih, modern, dan instagrammable! Air panas mengucur deras dan mudah diatur. Karena bilik pancurannya berderet kayak gini, jadi berasa tinggal di sekolah asrama luar negeri ya.

:peace::peace:

wastafelnya aja instagrammable | nomad hostel kemang

jajaran bilik pancuran dan shower room | nomad hostel kemang

https://www.instagram.com/p/BkPnP8ehfte/?taken-by=nomadkemang

Buat kamu yang kehabisan baju ganti, Nomad Hostel Kemang punya coin laundry yang berada di belakang front desk. Gue sendiri nggak cobain karena memang cuma 2 malem di situ. Kalo kamu tertarik, kamu bisa minta bantuan dari mas dan mbak front officer.


Kesimpulan: Layakkah Menginap di Nomad Hostel Kemang?

Buat travelearners yang tiba di Jakarta dengan transportasi umum kereta api atau pesawat terbang, here are my suggestions to reach the hostel. Kalo kamu naik kereta commuter line, kamu bisa turun di Stasiun Pasar Minggu lalu lanjutkan perjalanan dengan ojek. Dengan TransJakarta, kamu bisa naik busway koridor Blok M – Ragunan via Kemang lalu turun di halte Kemang Raya 10, lanjutkan dengan sedikit berjalan kaki. Sementara dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kamu bisa naik bus DAMRI Bandara tujuan Pasar Minggu atau Blok M, lalu lanjutkan dengan ojek online atau TransJakarta.

Dengan harga per malam per orang mulai dari Rp100.000, dapet kamar yang nyaman dan bersih, communal room instagrammable, fasilitas bilyar dan foosball, deretan shower room, in-site coffee shop, portable swimming pool, dan lokasi strategis di kawasan lifestyle Jakarta, Nomad Hostel Kemang sangat layak diinapi! Sekalipun belum ada free breakfast dan free flow water pun, tetap layak banget diinapi dengan harga segitu. Lo bisa staycation nikmatin weekend tanpa jauh-jauh beranjak karena semua yang lo butuhkan are just few steps away!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *