Panduan Cara Daftar Asuransi Mobil dan Data yang Harus Disiapkan!

Saat sewa mobil di Phuket

Iya iya, gue emang belum punya mobil, entah mobil pribadi atau mobil keluarga. Tapi, mobil jadi salah satu rencana finansial jangka menengah buat gue dan Ara. Bukan buat daily commute sih, karena baik Jogja, Bandung, atau Palembang, ketiganya paling cocok sama sepeda motor. Peruntukan mobil buat kami adalah di kondisi-kondisi tertentu (seperti saat turun hujan, mau kondangan, dsb) atau perjalanan jarak jauh.

Nah, setelah gue browsing-browsing, gue mau share informasi yang gue dapet soal mobil, khususnya soal asuransi. Banyak yang pengen punya mobil tapi nggak memikirkan sama sekali pemeliharaannya. Walhasil kaget sendiri ketika harus keluar banyak duit buat servis rutin, perbaikan kerusakan, pajak, dll. Gue nggak mau jadi salah satu orang seperti itu. Gue berpikir perlu mempersiapkan asuransi mobil dari sejak berencana membeli mobil.

Baca Juga: Sebuah Perjalanan Panjang Terlepas dari Utang Kartu Kredit

Setelah membeli mobil baru, penting sekali untuk memberikan perlindungan secara khusus. Kamu bisa memilih asuransi mobil terbaik yang perlindungannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Namun, ada kalanya membeli asuransi mobil membuat kita harus disibukkan dengan keharusan mengumpulkan sejumlah dokumen. Karena itu, nggak sedikit yang akhirnya mengeluh dengan hal tersebut, termasuk terkait cara daftar asuransi mobil secara online maupun offline.

Untuk membantu kamu meminimalkan kesulitan yang mungkin terjadi, gue mau share panduan dan informasi mengenai data-data yang harus disiapkan untuk daftar asuransi mobil.

__________

Dokumen yang Harus Disiapkan

Sebelum melakukan pendaftaran, kita bisa mempersiapkan data dan dokumen yang mungkin dibutuhkan untuk membeli asuransi. Pada umumnya, data dan dokumen yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan kendaraan tidak berbeda satu sama lain.

Adapun dokumen yang harus disiapkan antara lain:

  • Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) dan/atau Kartu Izin Tinggal Permanen (KITAP) untuk WNA
  • Surat Izin Mengemudi asli (SIM)
  • NPWP atau SIUP

Selain dokumen di atas, kita juga harus siap membawa kendaraan yang akan diasuransikan untuk dilakukan pengecekan kondisi mobil oleh petugas asuransi kendaraan. Nantinya, hasil survei kendaraan ini akan dimasukkan dalam laporan survei.

Baca Juga: Usia 25 Tahun Idealnya Punya Apa? Rencana Keuangan

__________

Cara Daftar Asuransi Mobil

Untuk bisa mendaftar asuransi mobil, kita bisa melakukannya secara online maupun offline. Tergantung pada perusahaan asuransi terkait, apakah punya layanan online atau enggak, tinggal kita pahami prosedur dan tata cara daftar asuransi mobil. Nah di bawah ini, kita bisa bareng-bareng melihat gambaran umum tahapan daftar asuransi mobil.

●       Mendapatkan informasi yang tepat mengenai asuransi mobil

Untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik buat kendaraan kita, riset menjadi hal yang harus dilakukan. Jika memungkinkan, kita harus meluangkan sedikit waktu untuk melihat tipe asuransi yang ditawarkan dari setiap perusahaan asuransi, mulai dari perlindungan yang ditawarkan, kelebihan dan kekurangan, biaya premi dan kemudahan dalam melakukan proses klaim. Informasi dasar tersebut nantinya akan bisa memberikan kita gambaran secara umum mengenai perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi pada mobil kamu dan hal lainnya.

●       Memilih perusahaan asuransi terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan

Karena ada banyak banget perusahaan asuransi di Indonesia, terkadang kita jadi mengalami kesulitan untuk memilih penawaran terbaik dari setiap produknya. Karena itu, penting sekali untuk bisa memilih perusahaan asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kita, termasuk dalam hal ini adalah asuransi mobil.

Kita bisa melakukan seleksi dari produk asuransi mobil yang ditawarkan perusahaan asuransi, melihat kelebihan yang dimiliki dan kekurangannya, kemudian melakukan perbandingan dan menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika informasi yang dibutuhkan sudah cukup, kita bisa melangkah ke tahap berikutnya.

●       Menentukan tipe asuransi yang sesuai 

Setidaknya ada dua tipe asuransi mobil di Indonesia, yaitu asuransi all risk (comprehensive) dan total loss only (TLO). Hampir semua perusahaan asuransi menawarkan layanan yang sama, namun dengan biaya yang berbeda-beda, baik premi maupun perihal penanggungan. Kita bisa menyesuaikan perlindungan yang dibutuhkan dengan kemampuan finansial kita.

●       Membuat Polis Asuransi Kendaraan

Jika sudah mantap dengan tipe dan perusahaan asuransi pilihan, kamu bisa melangkah ke tahap berikutnya, yaitu pembuatan polis asuransi mobil. Dengan membawa dokumen yang dibutuhkan di atas, kamu bisa membuat kesepakatan dengan perusahaan asuransi yang sudah dipilih, membaca dan memahami polis asuransi yang akan disepakati sebelum akhirnya melakukan penkamutanganan kesepakatan dan mulai melakukan pembayaran premi.

Doakan kami segera punya mobil, amen!

Nah, kita udah sama-sama belajar tentang cara dan tahapan daftar asuransi mobil, baik online maupun offline. Jadi, nggak ada keraguan lagi untuk membeli asuransi demi kendaraan kamu, ya. Biar bisa keep learning by traveling~

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *