Pendanaan UKM yang Praktis dan Menguntungkan

Pendanaan UKM jadi lebih mudah, di mana saja dan kapan saja

Ada yang lagi mencari-cari informasi soal pendanaan atau mengajukan pinjaman untuk bisnis atau usaha kamu? Selain bank atau pinjaman online yang bunganya nggak main-main itu, gue punya satu opsi yang mungkin lebih cocok buat kamu: startup financial technology (fintech) Peer to Peer (P2P) Lending. Mungkin sebagian dari kamu udah pernah denger platform ini.

Wabah virus corona (COVID-19) menjadi pukulan untuk kita semua, terutama pada pekerjaan atau pendapatan kita. Sebagian industri mengalami penurunan penghasilan drastis karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan himbauan physical distancing, khususnya mereka yang bidang usahanya melibatkan aktivitas pertemuan secara langsung seperti tempat wisata, hotel, dan tempat makan. Perusahaan atau kantor-kantor lainnya pun mau nggak mau harus membatasi atau bahkan menghentikan kegiatan produksi karena terkait himbauan untuk bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Jumlah konsumen yang menurun dan aktivitas usaha yang terbatas membuat banyak pemilik usaha harus memutar otak agar roda perekonomian tetap berjalan. Ada yang melakukan ekspansi dengan membuka layanan delivery dan online, diversifikasi usaha, dan mengajukan pinjaman sebagai modal usaha selama masa krisis ini.

Kamu sadar nggak, pihak yang sebenarnya menderita tapi terlupakan di tengah saat-saat kayak gini adalah pengusaha? Mau kerja salah, tapi mau merumahkan atau meliburkan karyawan juga susah karena harus tetap kasih gaji. Sebisa mungkin nggak mau PHK, tapi uang perusahaan udah menipis, sementara mereka sendiri (pemilik usaha/pengusaha atau CEO/entrepreneur) juga nggak dapat suntikan dana dari pemerintah, nggak kayak driver ojol yang dibantu pemerintah dan swasta.

Maka dari itulah, di sini gue mau share tentang salah satu startup fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai solusi pendanaan usaha kamu, khususnya yang usaha kecil dan menengah atau UMKM.


Sebagai P2P Lending Platform di Indonesia, Akseleran menghubungkan UMKM yang membutuhkan dana untuk mengembangkan atau mempertahankan usaha dengan para pemberi pinjaman. Suku bunganya kompetitif dengan tenor, metode pembayaran, dan penyertaan agunan yang fleksibel.

Keuntungan Memberikan Pinjaman di Akseleran

Nah, buat kamu para calon pemberi pinjaman yang di tengah wabah COVID-19 ini ingin membantu perekonomian tapi suka ragu dengan keaslian informasi yang beredar di media sosial, mending gabung di Akseleran aja. Duit kamu jelas larinya ke mana, dapet bunga, dan masing-masing pihak dijamin dengan surat perjanjian yang sah di mata hukum. Nggak usah takut penipuan atau kecurangan. Jadi meskipun basisnya online, kekuatan hukumnya tetap terjaga.

Baik sebagai lender atau borrower, kamu perlu daftar dulu di website resmi Akseleran atau menggunakan aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store (Android) atau Apple Apps Store (iOS). Siapkan KTP, NPWP, dan informasi rekening bank karena wajib diisi dan dilampirkan saat pendaftaran. Karena akan ada proses mengambil foto selfie dengan KTP, jadi pastikan kamera depan smartphone kamu berfungsi baik dan diambil dalam kondisi cukup cahaya. Make sure kamu memilih opsi yang kamu mau, sebagai Lender (yang meminjamkan uang) atau Borrower (yang meminjam uang). Akseleran bekerjasama dengan PrivyID untuk penandatanganan dokumen secara digital.

Akseleran dalam angka, start-up Peer to Peer (P2P) Lending di Indonesia

Setelah email akun kamu diverifikasi, maka kamu sudah siap untuk melakukan pendanaan di Akseleran!

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk kamu yang mau mengajukan pinjaman:

  • Usaha sudah berjalan selama minimal 1 tahun
  • Usaha mencetak laba bersih dalam 1 tahun terakhir
  • Memiliki laporan keuangan yang berisi minimal data laba dan rugi
  • Membuat proposal pinjaman
  • Melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan, berupa: dokumen pendirian usaha, rekening koran 3 bulan terakhir, ijin usaha, SIUP, NPWP perusahaan, SKDU, dan salinan KTP pendiri beserta jajaran manajemen.

Buat yang usahanya berdomisili di luar Jabodetabek, Banten, dan Bandung, jumlah pinjaman minimal Rp200 juta.

Nah, dengan persyaratan di atas, para pemberi pinjaman (lender) dana juga nggak usah cemas. UKM yang mengajukan pinjaman di Akseleran sudah terbukti memiliki roda bisnis yang berjalan baik, legal, dan terstruktur.


Langkah-Langkah Melakukan Pendanaan di Akseleran

Untuk bisa menjadi pemberi pinjaman melalui Akseleran, ada beberapa tahap yang harus kamu lewati.

Tahap Pertama: Proses Awal Registrasi

  • Unduh aplikasi Akseleran di Google Play Store (Android) atau Apple Apps Store (iOS) atau bisa juga melalui browser di www.akseleran.co.id
  • Buka aplikasinya, baca lebih lanjut tentang aplikasinya, lalu klik DAFTAR. Begitu pula untuk di browser, klik daftar.
  • Masukkan email dan password, jangan lupa centang persetujuan kebijakan privasi. Baca dulu ya tentang kebijakan privasi ini.
  • Kemudian, kamu akan diminta untuk memasukkan kode promo/kode referral. Gunakan kode promo AKSLTEGUH349694 untuk mendapatkan saldo gratis sebesar Rp100.000,00. (Setelah ini, akan ada notifikasi : Selamat Anda mendapatkan saldo promo. Saldo kamu pun akan bertambah Rp100.000,00)
  • Verifikasi akun email kamu dan nomor handphone yang aktif. Di email, klik link yang dikirimkan oleh Akseleran. Kalau di no HP, akan dikirim OTP.
  • Pilih preferensi sebagai Pemberi Pinjaman/LENDER dan tipe perorangan.
Langkah-Langkah Pendanaan di Akseleran

Tahap Kedua: Melengkapi Data Diri

  • Siapkan KTP, NPWP, nomor rekening bank pribadi (nama harus sesuai dengan yang bersangkutan). Pada proses ini, kamu akan diminta foto KTP dan selfie dengan KTP.
  • Menandatangani perjanjian keanggotaan menggunakan PrivyId.
  • Setelah melakukan tanda tangan, akan ada notifikasi bahwa pendaftaran sudah berhasil. Tinggal menunggu proses persetujuan oleh tim Akseleran, baru kamu bisa memberikan pendanaan.

Tahap Ketiga: Tahap Pendanaan

Pada website ataupun aplikasi, klik “Beri Pinjaman”. Di halaman ini muncul kampanye pinjaman yang sedang berlangsung. Ada banyak kategori UKM yang bisa dipilih, diantaranya: hiburan, fashion, transportasi, e-commerce, otomotif, dan sebagainya.

Mulai danai UKM yang kamu mau di Akseleran

Pilih mana UKM yang sesuai kriteria kamu. Ada keterangan lengkapnya di sana mulai dari jumlah pinjaman, tenor, agunan, sampai berapa bagi hasilnya.


Untuk tambah dana, top-up saldo Akseleran dilakukan dengan metode transfer melalui ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking. Masuk ke halaman Transaksi Saya lalu klik tombol kuning Tambah Dana, nanti akan ada informasi detil cara pengisian dana. Sebaliknya, kalo mau Tarik Dana juga bisa dilakukan di halaman Transaksi Saya.

Gimana, tertarik join Akseleran? Jangan lupa masukkan kode referral AKSLTEGUH349694 dan dapatkan saldo Rp100.000,00 untuk mulai memberikan pinjaman!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *