Pengalaman Berkesan Menginap di Hotel Mercure Nexa Bandung Supratman, Recommended!

Sudah lama gue ngidam staycation di hotel MERCURE NEXA BANDUNG SUPRATMAN. Pertama, hotelnya deket banget sama kantor gue di daerah Jalan Titiran. Gue bisa check-in dari Jumat sore lalu check-out hari Senin pagi jelang siang. Kedua, hotelnya instagrammable! Gue udah tau kalau hotelnya cakep karena sering gue kepoin saat nyari-nyari hotel Bandung di aplikasi-aplikasi pemesanan hotel. Propertinya Accor Hotels memang nggak pernah mengecewakan sih kalau soal tampilan. Ketiganya, lokasinya ada di kawasan pusat Bandung yang rindang…

Hari Jumat tanggal 6 September 2019 lalu, akhirnya gue kesampaian juga nginep di Mercure Nexa Bandung Supratman. Walau cuma semalam, tapi staycation di hotel ini adalah salah satu pengalaman menginap terbaik selama ini! Baca terus ulasan ini supaya tau alasannya.


Lokasinya yang berada di tengah kota Bandung, tepatnya di Jalan W.R. Supratman no. 66-68, membuat Mercure Nexa mudah dijangkau baik dari Stasiun Bandung maupun Stasiun Kiaracondong. Gedung Sate, Lapangan Gasibu, Museum Pos, Kantor Pos Bandung, Museum Geologi, dan PUSDAI bisa dicapai dengan 5 menit berkendara! Beberapa kawasan café atau coffee shop seperti Jalan Cilaki, Jalan Bengawan, Jalan Cihapit, Jalan Cimanuk, dan Jalan Riau (Jalan R.E. Martadinata) juga deket.

Melangkah masuk ke dalam hotel Mercure Nexa Bandung Supratman

Lobi hotel Mercure Nexa Bandung Supratman yang elegan di malam hari

Jam 5 teng, gue dengan cepat cap sidik jari di mesin absen kantor dan menggeber motor menembus kemacetan sore Jalan Diponegoro. Tersedia area parkir bawah tanah yang luas dan gratis dengan petunjuk arah yang jelas di Mercure Nexa ini. Begitu melangkahkan kaki masuk ke dalam bangunannya, gue disambut dengan sebuah area menerima tamu yang luas dan elegan!

Seating area yang lega di lobi Mercure Nexa diisi dengan sofa-sofa empuk dalam berbagai warna dan rupa. Dua meja konter melayani setiap tamu dan pelanggan. Dekorasi ditata apik di sana-sini, namun tanpa berlebihan. Ada beberapa bahan bacaan. Di sudut ruangan, ditempatkan meja tinggi dan kursi-kursi bar dengan TV dan lampu-lampu keemasan yang menjuntai ke bawah. Colokan listrik tersedia di meja itu. Area yang dirancang menyerupai café itu terletak berseberangan dengan tangga menuju ruang-ruang rapat.

Luas ya lobi hotel Mercure Nexa Bandung Supratman ini

Bagian lobi hotel Mercure Nexa Bandung Supratman yang seperti di cafe

Aplikasi dinding kacanya yang menghadap arah barat memberi kesempatan bagi cahaya keemasan dari tenggelamnya matahari untuk merangsek masuk ke dalam. Ah, gue tiba di saat yang tepat. Jadi, kalau mau foto-foto di lobinya Mercure Nexa, waktu terbaiknya adalah saat malam hari dan sore jelang senja.


Segera setelah mendapat smart card untuk mengakses kamar, gue masuk ke dalam lift yang mengantarkan gue menuju lantai kamar. Sesaat setelah melangkah keluar dari kotak elevator, gue dibuat jatuh cinta dengan desain lorong lift yang apik!

Siapa yang nggak betah nunggu kalau lorong liftnya secakep ini?

Lantainya dilapisi rug bernuansa coklat, senada dengan kayu yang membalut dindingnya. Di ujung lorong, ada sepasang kursi sofa yang masing-masing dilengkapi dengan bantal. Semua detil desain interior itu lalu disempurnakan dengan pencahayaan yang tepat. Karena terletak di lantai 6, kita bisa menikmati panorama kota Bandung dari kotak jendela mungil yang ada di ujung lorong.

Masuk ke dalam kamar Grand Deluxe Mercure Nexa yang sudah dipersiapkan, dan gue dibuat takjub dengan desain interior kamarnya! Sebuah personal greeting card dengan complimentary fruit dan handuk yang dibentuk menyerupai kelinci (?) membuat gue semakin merasa disambut hangat. Ternyata gue dikepoin Mercure Nexa, hehe. Baru kali ini gue menginap di kamar yang dilengkapi dengan living room. Sofa berwarna abu-abu itu tampil serasi dengan warna dinding yang membingkai kamar. Pada salah satu sisi dinding kamar, sebuah jendela besar menampilkan panorama kota Bandung dari lantai 6.

Kamar Grand Deluxe Mercure Nexa Bandung Supratman

Bedroom kamar Mercure Nexa Bandung Supratman yang diapit 2 kaca

Kamar Grand Deluxe Room ini dilengkapi dengan fasilitas coffee & tea maker dan minibar. Sepasang nakas ditempatkan di kedua sisi ranjang, masing-masing dilengkapi dengan colokan listrik. Yang gue suka banget adalah working space-nya yang legaaa. Mejanya dirancang memanjang, sangat cukup untuk meletakkan laptop dan printilan-printilan lainnya. Meja itu disandingkan dengan kursi putar yang nyaman.

Dari bedroom area, kita beralih ke bathroom yang di dalamnya sudah tersedia fasilitas berikut:

  • Toiletries lengkap
  • 2 pasang handuk
  • 1 pasang handuk muka
  • Hair dryer
  • 2 botol air mineral
  • Senter
  • Bathrobe
  • Slippers
  • Safety box
  • Hanging corner.

Tersedia bathrobe di kamar Mercure Nexa Bandung Supratman

Ada total 4 air mineral di dalam kamar Mercure Nexa Bandung Supratman

Toiletries kamar Mercure Nexa Bandung Supratman yang lengkap bangeeettt!

Tiga fasilitas terbawah biasanya gue temukan di bedroom area. Namun uniknya, Mercure Nexa Bandung Supratman menempatkannya di bathroom area. Karena di situ ada 2 botol air mineral, jadi total ada 4 air mineral di dalam kamar.

Toiletries-nya lengkap banget, Guys! Ada shower gel, soap bar, shampoo, body lotion, odol, sikat gigi, sisir, alat cukur, dan semuanya dikemas dengan kemasan eksklusif yang cantik. Beberapa di antaranya bahkan gue bawa pulang hehe, nggak biasanya lho gue ngambil toiletries hotel.

Shower area, brankas, slippers, toilet, hair-dryer | Mercure Nexa Bandung Supratman

Area kering dan area basah dipisahkan dengan dinding kaca. Dinding yang menghadap kamar didesain dengan material kaca yang dapat ditutup dengan tirai. Aplikasi ini mengingatkan gue dengan kamar di Novotel Jakarta Mangga Dua Square yang gue inapi bulan Juli lalu. Walau tipe pancurannya bukan rain shower, namun tetap mudah diatur dan berfungsi baik.


Setelah foto-foto kamar dan rekan ngamar malam itu, @sonydansetiadi, juga udah dateng, kami lalu turun kembali ke lantai dasar untuk menikmati Friday Delight-nya Mercure Nexa. Perut udah ngasih kode-kode minta diisi. Oh ya, di staycation-staycation sebelumnya, gue biasanya nginep sendiri. Tapi gue lalu berpikir, gue butuh partner buat ngabisin makanan, terus seru juga sih kalau ada temen ngobrol. Akhirnya pas ke Mercure Nexa ini, gue ngajak Sony, salah satu instagrammer Bandung, buat ikutan.

Kue-kue Mercure Nexa Bandung Supratman yang mengalihkan duniaku!

Kue-kue Mercure Nexa Bandung Supratman dalam berbagai rupa, rasa, dan warna

Kuenya enak-enak loh | Mercure Nexa Bandung Supratman

Friday Delight Barbecue Buffet Dinner ini adalah program All You Can Eat-nya Mercure Nexa. Digelar setiap hari Jumat dari pukul 18:30-22:00. Harganya? Rp110.000,00++/pax dan ada promo Buy 1 Get 1 Free for Ladies sampai akhir tahun! Cocok banget lho buat acara makan bareng keluarga atau temen-temen kantor. Selain makanan yang berlimpah ruah, juga ada pertunjukkan live music.

Hal pertama yang menarik perhatian gue dari Friday Delight ini adalah… kue-kuenyaaaaaa! Sebagai pecinta kue dan jajanan pasar, mata gue berbinar-binar melihat jejeran ratusan kue yang ditata dalam macam-macam rasa, rupa, dan warna. Ada yang bundar, ada yang kotak. Ada yang diberi topping buah, ada yang topping-nya cokelat. Ada yang dibentuk angsa, ada yang seperti kodok. Saking antusiasnya, gue udah curi start buat foto-foto dari sejak sebelum Friday Delight dimulai. Jadi jangan bingung kalau ada beberapa foto di bawah ini yang masih terlihat terang.

Bagian restoran Mercure Nexa Bandung Supratman dengan nuansa Jepang

Sisa-sisa matahari senja + tone yang pas | Mercure Nexa Bandung Supratman

Gue bukan tipe pemakan banyak. Perut gue ini (puji Tuhan) masih minimalis. Tapi demi kue-kue tercinta itu, gue ambil sebanyak mungkin kue yang menarik!

Selain kue-kuean, cemilan lain di Friday Delight Mercure Nexa ini adalah ubi rebus, klepon, pisang aroma, semacam mie berkuah (gue lupa apa namanya), roti-roti Eropa, salad, dan snack-snack Jepang (seperti tempura). Buat main course, dari nasi dengan lauk pauk nusantara sampai pasta dan spaghetti Italia juga ada.

Tapi sebetulnya, 2 produk utama Friday Delight di Mercure Nexa ini adalah sushi dan barbekyuan―namanya juga “barbecue buffet dinner” yekan. Konter sushi ada di dekat pembatas imajiner area restoran dan area lobi. Jangan cemas, sushi-nya bukan sushi mentah namun sudah sushi fusion yang disesuaikan dengan lidah nusantara. Konter barbekyu ada di ujung area, di bagian luar restoran. Ada 3 jenis barbekyu yang disediakan, yaitu sate, chicken wing, dan gyumaki. Gyumaki ini semacam lembaran daging yang lalu digulung seperti lumpia, di dalamnya ada sayuran. Untuk mendampingi sajian barbekyu, bermacam-macam saos bisa kita pilih dari konter.

Sate, gyumaki, dan chicken wing di Mercure Nexa Bandung Supratman

Pertunjukkan musik di Friday Delight Mercure Nexa Bandung Supratman, ibu-ibu berjilbab itu adalah tamu yang ikut bernyanyi

Dengan sajian yang berlimpah dan beragam; tempat yang nyaman, luas, dan elegan; dan lokasi di tengah kota; Friday Delight Barbecue Buffet Dinner di hotel Mercure Nexa Bandung Supratman ini adalah salah satu best deal untuk restoran All You Can Eat di Bandung. Untuk pemesanan, silakan hubungi: 022-86017000 atau 08112089100.


Sabtu paginya, setelah tidur nyenyak semalaman dalam nyamannya kamar Grand Deluxe Mercure Nexa, gue bangun dengan segar, tak sabar menyambut menu sarapan Mercure Nexa. Sarapan berlangsung dari jam 6:00-10:00. Alarm sengaja gue setel jam 6 sebelum restoran terlalu riuh.

Menu sarapan di hotel Mercure Nexa Bandung Supratman

Salah satu konter main course untuk sarapan di Mercure Nexa Bandung Supratman

Pilihan menu sarapan gue di hotel Mercure Nexa Bandung Supratman

Seperti yang diharapkan, sajian menu sarapannya lengkap dengan penyajian yang berkelas. Ada main course bertema nusantara dan western. Beberapa menunya adalah ikan goreng tepung dan mie goreng. Selain nasi putih, juga tersedia nasi goreng dan nasi tutug oncom khas Jawa Barat, enak loh. Nasi tutug oncomnya dihadirkan bersama lauk pauk ala sunda seperti tahu, telur pindang, tumis genjer. Menu western hadir dalam rupa potato wedges, pasta, sosis goreng, dan omelet. Selain buah dan roti tawar, menu pendamping lainnya adalah macam-macam kue, macam-macam roti, gorengan, ramen, bubur kacang ijo, dan cilok.

Yang patut diapresiasi lagi dari menu sarapan Mercure Nexa adalah pilihan minumannya. Nggak cuma kopi dan teh yang udah jadi menu standar, ada jamu jugaaaaaa! Wah, jiwa Jawa gue bergetar melihat jamu. Susu yang biasa mendampingi konter sereal disediakan dalam pilihan dingin dan hangat, ada susu vanilla dan cokelat. Mantep, ‘kan?

Area dalam restoran Mercure Nexa Bandung Supratman

Area luar restoran Mercure Nexa Bandung Supratman

Sekarang kita bahas tempat sarapannya, yok. Selain luas, hal yang gue suka dari restoran Mercure Nexa ini adalah akses cahaya alami dari kedua sisi. Gue memang lebih suka ruangan semi terbuka daripada yang tertutup sama sekali. Nyaman, adem, tapi nggak suram, sirkulasi cahaya alami itu menciptakan kesan sehat dan bersemangat. Ada indoor dan outdoor seating area yang dibatasi oleh partisi dengan kolam renang di sampingnya. Di salah satu sisi areanya juga ada soccer table, semalam gue lihat nggak ada karena spotnya dipakai untuk barbekyu.


Seperti yang udah sedikit gue singgung di atas, Mercure Nexa dilengkapi dengan fasilitas kolam renang yang lokasinya ada di samping restoran. Walaupun nggak terlalu besar, tapi cukup buat renang-renang ganteng atau sekadar menenggelamkan diri dalam kesegaran. Gue sendiri nggak sempet cobain karena keterbatasan waktu.

Fitness center Mercure Nexa Bandung Supratman

Soccer table di area restoran Mercure Nexa Bandung Supratman

Sofa-sofa di lorong depan fitness center | Mercure Nexa Bandung Supratman

Fitness center atau gym room ada di lantai 2. Ada treadmill, sepeda statis, dan beberapa alat angkat beban. Dinding kacanya menghadap ke arah Jalan W.R. Supratman yang rindang.


Mempertimbangkan harga mulai dari Rp600.000-an (untuk kamar Superior) dengan lokasi, desain bangunan, sarapan, dan fasilitas, Mercure Nexa Bandung Supratman pantas dijadikan rekomendasi jajaran atas untuk kategori hotel bintang 4 di pusat kota. Untuk kamar Deluxe, harganya di kisaran Rp800.000-an.

Nuhun udah bantu fotoin gue, Son. Tripod jadi nganggur.

Thank you again, Mercure Nexa. See you soon.

Ternyata semalem tuh kurang banget buat nginep di Mercure Nexa Bandung Supratman! Rasanya masih jauh dari puas buat menikmati semua fasilitasnya. Pengen banget nginep lagi di hotel Mercure Nexa Bandung Supratman ini, ambil waktu Sabtu-Minggu biar waktu menginapnya bisa optimal. Thank you, Mercure Nexa. You are beyond my expectation! Mudah-mudahan bulan November atau Desember nanti bisa kembali bermalam di atas kenyamanan ranjangmu…

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *