Pengalaman Staycation di Hotel Tengah Kota Bandung, Neo Dipatiukur

Kamu nggak usah takut kalo mau nanya, “Gie, ada rekomendasi hotel budget di Bandung yang enak ke mana-mana nggak? Deket sama tempat wisata, tempat makan, tempat nongkrong, lokasi di tengah kota, tapi servis dan fasilitasnya tetep bagus.” Banyak maunya sih ya. Tapi tenang, gue nggak akan menyemburkan api ke muka kamu, karena syukurnya ada hotel yang siap mengakomodasi permintaanmu yang ribet itu: Hotel Neo Dipatiukur.

Pada suatu hari di bulan Juli, gue merasa jenuh banget di kantor, ngidam staycation gitulah. Kayaknya belum siap gitu berpisah dengan weekend. Setelah buka Google Maps dan cek-cek harga di online travel agent, jam 5 teng gue buru-buru gaaasss dari kantor untuk segera melipir ke hotel yang bernaung di bawah manajemen hotel Archipelago International ini.


Lokasi Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Kamu yang kuliah di Universitas Padjadjaran (UNPAD) kayak gue, ITHB, UNIKOM, dan bahkan ITB (Institut Teknologi Bandung) pasti udah nggak asing sama Hotel Neo Dipatiukur Bandung ini. Hotel ini beralamat di Jalan Dipatiukur no. 72-74, Lebakgede, Coblong, Bandung, jaraknya dari kantor gue cuma sekitar 1 km aja kok, 5 menit naik motor juga nyampe!

Karena daerah kost mahasiswa, jadi ada banyak tempat makan dan tempat nongkrong di sekitar Hotel Neo Dipatiukur Bandung. Dari warteg, warung tenda, rumah makan, café, coffee shop, semuanya ada! Beberapa di antaranya adalah Richeese Factory, McDonalds, Warung Upnormal (sampai ada 2 outlet), Delapan Padi, Mimiti Coffee, Verde Resto, dsb.

Neo Dipatiukur welcomes you

Cititrans, Daytrans, dan Jackal Holidays juga punya pick-up point di Jalan Dipati Ukur ini. Beberapa tempat wisata kayak Gedung Sate, Lapangan Gasibu, dan Monumen Perjuangan juga bisa dicapai dengan 5-10 menit berkendara. Strategis banget ‘kan lokasinya?!


Lobi Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Walaupun nggak terlalu besar, tapi lobi Neo Dipati Ukur dibalut dengan desain interior yang modern elegan. Nggak kayak lobi hotel pada umumnya, hitam menjadi unsur dominan di lobi Neo Dipatukur, berpadu manis dengan warna coklat dan putih. Kesannya jadi simply luxurious! Beberapa fasilitas pendukungnya adalah seating area, koran, majalah, dan welcome drink.

Bisa sambil baca koran di lobi hotel Neo Dipatiukur Bandung

Baca majalah juga bisa | Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Lobi (reception area) Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Free welcome drink from Hotel Neo Dipatiukur Bandung

I really love this modern, elegant, luxurious elevators of Hotel Neo DIpatiukur Bandung

Area ini terhubung langsung dengan restoran Noodles Now. Basement bisa dicapai dengan lift atau tangga manual. Di sisi undak-undakan, ada akses kursi roda dari lobi menuju meeting room dan restoran. Ramah penyandang disabilitas! Ada konter penjualan air minum dan es krim Aice juga loh.


Kamar Superior Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Dari lobi, kita bergerak menuju kamar yang gue inapi di Hotel Neo Dipatiukur Bandung, yok. Greeting card dari manajemen hotel sudah terlipat rapi di atas ranjang, mendampingi handuk putih yang secara unik dibentuk menyerupai kepiting. Swiiittt! Biasanya ‘kan bentuk angsa atau gajah aja gitu,

Bedding Neo Dipatiukur ini dilengkapi dengan 2 pasang bantal besar dan 1 pasang bantal kecil berwarna abu-abu. Nggak usah khawatir kalau kamu tidur berdua, karena colokan listrik ada di setiap sisi, di bawah nakas.

Superior Room Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Cute welcoming towel of Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Working area, Superior Room Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Superior Room-nya Hotel Neo Dipatiukur ini adalah salah satu kamar di hotel budget dengan fasilitas terlengkap! Di dalamnya tersedia:

  • Coffee & tea maker
  • Safety box
  • Minibar
  • Setrika
  • Meja setrika
  • Slippers
  • Hanging corner
  • Working area.

Perhatikan tuh, ada meja setrika! Hotel budget mana lagi yang menyediakan fasilitas kayak gitu.
Gue cukup amazed sama kehadiran setrika dan meja setrika, karena baru kali ini lihat 😁
Kamarnya cukup luas, area kerjanya proporsional, persis di samping jendela besar yang menghadap ke Jalan Dipati Ukur yang rimbun. Desain kemasan dan label yang ada di cangkir dan air mineralnya juga bagus. Selain air mineral gratis, air mineral besar kemasan juga disiapkan, tapi penggunaannya akan dikenakan biaya tambahan. Room service dan layanan laundry juga tersedia.

Safety box, slippers, dan kotak laundry di kamar Superior Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Coffee & tea maker set, Superior Room Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Air mineral ukuran besar juga tersedia di Neo Dipatiukur, berbayar

Hanging corner, Superior Room Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Sama seperti lobi, Neo Dipatiukur (dan hotel-hotel Neo lainnya) konsisten dengan nuansa warna hitam. Di dalam kamar, sentuhan warna hitam ini diberikan pada minibar, teko listrik, safety box, slippers, kursi, dan dinding pembatas kamar mandi. Jangan salah, nuansa warna hitam ini sama sekali nggak mencerminkan kesan seram, tapi justru keren, elegan, modern, ekelktik, manly, dan bahkan seksi!


Kamar Mandi Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Thumbs up buat kamar mandinya Neo Dipatiukur! Selain toiletries yang lengkap (odol, sikat gigi, soap bar, shampoo, sabun cair), hair dryer dan peralatan bercukur juga ada! Gue baru kali ini menemukan kamar hotel budget yang menyediakan alat cukur dan krim cukurnya lho.
Kebetulan gue pas lupa bawa sabun dan sikat gigi. Ternyata sikat giginya Hotel Neo Dipatiukur ini enak dipake! Lembut gitu bulu-bulu sikatnya. Sabun batangnya juga oke. Gue selalu suka hotel yang menyediakan sabun batang, karena biasanya aroma dan busanya lebih menjanjikan 😀

Area basah dan area keringnya dipisahkan oleh sekat kaca tanpa pintu. Sentuhan warna hitam dihadirkan melalui countertop wastafel, kotak tissue, tatakan sabun batang, wadah sabun cair, dan dinding kaca yang membatasi area shower dengan bedroom.

Toiletries lengkap di Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Ada peralatan cukur juga lho di kamar hotel Neo Dipatiukur Bandung!

Area shower, hotel Neo Dipatiukur Bandung

Area basah dan area kering kamar mandi hotel Neo Dipatiukur Bandung

Selain kamar Superior yang berjumlah 84 kamar, Neo Dipatiukur juga melayani tamu dengan kamar Deluxe yang jumlahnya hanya ada 4 kamar. Jika Superior Room luasnya 21 m², maka Deluxe Room lebih luas lagi hingga 25 m². Selain itu, Deluxe Room juga dilengkapi dengan 2 buah kursi santai dan welcoming snack, rate-nya Rp600ribuan, sementara Superior Room cuma Rp400ribuan. Harga ini udah layak banget. Memang banyak hotel yang rate-nya Rp300ribuan, tapi fasilitasnya nggak selengkap Neo Dipatiukur. Malahan kalo lagi low season (atau disiasati dengan promo atau kode kupon dari online travel agent), kamar Superior juga bisa dibanderol dengan harga di bawah Rp400.000,00 lho.


Makan Malam di Restoran Hotel Neo Dipatiukur

Setelah check-in, naroh tas, foto-foto kamar, dan istirahat sebentar, gue bergegas turun ke Noodles Now, restorannya Hotel Neo Dipatiukur yang ada di lantai dasar. Gue nggak sendiri, karena koh James dari JKLdiary.life / @jamesandlenny mau meet up! Koh James ini adalah rekan hotel reviewer sekaligus traveler yang ada di Bandung. Coba deh kepoin blog dan akun Instagram-nya, feed-nya bagus kok.

Iga Bakar Blackpepper, Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Tom Yum Seafood, Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Our dinner at Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Menu yang kami pesan adalah Iga Bakar Blackpepper, Tom Yum Seafood, Body Refresher, dan Coco Crunch Frappe. Iga bakarnya disajikan dengan semangkuk sup sebagai penetral dan nasi putih berbentuk tumpeng, lucuk! Rasa manisnya pas, dagingnya juga empuuukkk sampe gue nggak butuh pisau buat motong-motong dagingnya. Sementara buat tom yum, kata koh James, kuahnya cukup kental dengan isian tahu, jamur champion, crab stick, dan udang. Menjelang beberapa suap terakhir, rasa pedas menyebar di lidah.

Untung masih ada makanan penutup berupa pisang goreng keju dengan topping ice cream dan saus susu kental manis rasa vanilla dan cokelat. Jadi bisa membantu melenyapkan rasa pedas dari tom yum. Body Refresher-nya seger banget! Perpaduan orange dan curcuma-nya menciptakan rasa manis dan asam yang pas. Sementara Coco Crunch Frappe diramu dari espresso, susu segar, sirup cokelat, chocolate stick, dan whipped cream. Bikin melek!

Pisang Goreng Keju, Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Body Refresher & Coco Crunch Frappe, Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Kamu harus tau, kalau harga makanan dan minuman di restoran Noodles Now-nya Neo Dipatiukur ini affordable banget. Di bawah Rp100rb udah bisa makan dan minum dengan puas! Restoran dan room service di Neo Dipati Ukur ini buka sampai jam 23:00 ya.

Terus gue sukak sama desain interiornya yang kaya elemen kayu ini. Suasana jadi hangat, tenang, dan bersahabat, apalagi pencahayaannya yang keemasan juga pas banget. Meja dan kursi sudah ditata untuk 2, 3, 4, dan 6 orang yang terbagi ke dalam 4 area: bagian depan (yang sekaligus menjembatani area makan dengan lobi), bagian kanan (tempat meja buffet berada), bagian kiri yang merupakan area terluas, dan smoking area yang dipisahkan dengan area lainnya dengan dinding dan pintu kaca.

Restoran Noodles Now (ruang makan), Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Area makan meja buffet, Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Smoking area, Hotel Neo Dipatiukur Bandung


Menu Sarapan di Hotel Neo Dipatiukur

Karena besok paginya harus ngantor lagi, gue bersyukur banget sarapan di Hotel Neo Dipatiukur udah siap dari jam 6 pagi! Sarapan berlangsung di Noodles Now Restaurant. Nah, kalo semalam meja buffet-nya masih kosong dan hampa, pagi ini sudah penuh dengan berbagai makanan!

Area kue, buah, dan puding | Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Seblak ceker dan pisang aroma, Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Ada banyak kue-kue basah buat sarapan di Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Area nasi dan lauk pauk utama, Neo Hotel Dipatiukur Bandung

Ada bubur kacang ijo juga di Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Pilihan sarapan gue di Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Kenyang dengan kue-kue basah di Hotel Neo Dipatiukur Bandung

Buat ukuran hotel bintang 3, varian menu di Neo Dipatiukur udah beragam banget lho. Selain nasi dan lauk pauk, ada bubur kacang ijo, sup ikan, seblak ceker, pisang aroma, omelet, dan macam-macam kue. Kalo sereal dan roti tawar mah udah pasti ada dong. Pilihan minumannya ada jus, kopi, dan teh. Kopinya ada 2 macam, free coffee atau kopi premium dengan brand KENAL yang dapat dinikmati dengan harga Rp18.000 aja dari jam 6:00-14:00. Gue sih cobain kopi yang biasa aja, hehe.


Kesimpulan: Puas dengan Hotel Neo Dipatiukur

Setelah selesai sarapan, gue segera mandi dan berkemas untuk ke kantor lagi. Sekitar jam 10:00 gue check-out, akhirnya bisa bertemu dengan mbak-mbak dengan wig rambut perak yang menjadi maskotnya jaringan hotel Neo (kemarin sore, proses check-in dilayani oleh mbak berhijab). Gue puas dengan staycation gue di Hotel Neo Dipatiukur, berangkat ke kantor dengan perasaan refreshed! Lobinya cakep, kamarnya nyaman dengan fasilitas lengkap, makanannya juga enak-enak. Yuk, try something neo at Neo Dipatiukur~

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *