Rekomendasi Youtuber KPOP Reaction Video, Dalam dan Luar Negeri

Seperti yang udah gue singgung di tulisan sebelumnya, belakangan ini gue ada hobi baru: nontonin K-pop MV reaction video! Ternyata menyenangkan melihat orang lain menyukai dan menghargai apa yang kita sukai. Nah, buat kalian yang juga suka nontonin video-video reaction, atau tertarik buat mencobanya, ini dia beberapa rekomendasinya dari gue.

Sebelumnya mau cerita dulu. Jadi gue “terjerumus” dalam hobi baru ini saat NCT 127 mengeluarkan video klip “90s Love” beberapa bulan lalu. Sejak itu jadi keterusan, berlanjut dengan cari-cari dan ngepoin reaction buat lagu-lagu dari boyband/girlband lainnya yang gue suka, old and new. Tapi nggak lama-lama banget sih, 2018 ke atas, sebelum itu tren reaction video belum jamak di Youtube. Ngepoin GOT7, DREAMCATCHER, G(IDLE), TREASURE, dan banyak lagi.

Siapa aja sih yang langganan gue tontonin? 


Walaupun dia nggak engaged dengan personil-personil boy/girl group K-pop, alias nggak peduli dengan nama dan muka masing-masing member, tapi reaction video dan analisisnya adalah salah satu yang paling gue suka.

Youtuber Jerman ini klaim dirinya sebagai produser, jadi analisisnya sangat concern dengan sound/audio, terkadang juga video editing dan fashion yang dipakai para member. Oke, masalah baju lebih banyak dilontarkan oleh Dana, entah isteri atau partner-nya yang selalu ikutan nongol di video-videonya. Gara-gara reaction mereka, gue jadi ngeh mahal dan bergengsinya outfit para member Pentagon di MV Shine.

Awalnya dia nge-Youtube dengan bahasa Jerman. Tapi mungkin karena melihat pangsa pasar yang luas, sekarang Rahim nge-Youtube dengan bahasa Inggris.


A true K-pop multifandom girl! Range grupnya luas banget, and she always truly enjoys what she was watching. 

Berbeda dengan Rahim yang sesekali pausing buat analisis, cewek half-Asian yang tinggal di Swiss ini sama sekali nggak pause-pause. Tapi seru dan seneng aja mengamati ekspresi-ekspresinya! Gue juga amazed dengan bagaimana dia bisa hafal nama ratusan cowok K-pop dari berbagai grup padahal mukanya mirip-mirip wkwkwk.

Cocok buat yang nyari reaction video ringan-ringan.


I think he’s Pinoy. Cowok yang klaim sebagai performer ini khusus menganalisis dance video atau koreografi. Awalnya dia hanya membuat reaction buat video-video dance, tapi lama-lama ada beberapa official MV yang dia react juga.

Sebagian besar gue betah nyimak analisisnya, walaupun kadang saat dia too much analyzing di bagian yang gue nggak terlalu tertarik ya gue skip-skip aja hehe. Yang bikin lebih semangat, kadang gue dan dia punya person of interest yang sama, contohnya Woo-young ATEEZ.

Kalo kamu dancer, Jeff cocok kamu pantengin.

Selain Jeff, ada beberapa Youtuber serupa yang kadang gue tontonin juga: OG KPOP STAN (analisisnya nggak sedalem Jeff but still fun to watch), MR. OKAY, dan Z.


Dua channel Indonesia yang gue recommend banget buat reaction video! Kenapa gue satuin, ya karena Atbic Network ini juga punyanya Calvin Jeremy and the gengs.

Sebagian besar Youtuber Indonesia lainnya cuma heboh-heboh dan teriak-teriak nggak jelas, tapi Calvin dkk selalu kasih analisis yang dalem dari segi visual, audio, message, vokal, lengkap deh! Dia biasanya nge-react bareng Ten, Dickson Halim, dan 2 orang lainnya yang namanya gue nggak hafal.

Kalo kamu suka juga, dukung mereka dengan subscribe dan turn on notification buat appreciate jerih payah mereka.


This Korean couple is so entertaining! Oh, mereka sangat fasih berbahasa Inggris kok, kemungkinan tinggal di AS.

Yang menarik dari mereka adalah ekspresi-ekspresinya yang kocak! Mereka, terutama Andy, juga suka make fun dari video-video yang mereka tonton. Tingkah polah mereka niruin koreografi atau pose dengan kemampuan yang ala kadarnya juga bikin makin betah buat ditonton! Iya bener, yang mereka tontonin nggak cuma MV tapi juga dance video.

Salah satu ciri khas mereka adalah saat Andy berpura-pura jadi bos KQ Entertainment dengan lebay dan kocak dalam video-video reaction ATEEZ.


Oke, buat yang concern dengan vokal, Aaron Freeman ini salah satu rekomendasi gue. Analisisnya juga panjang bok, pause dan rewind berkali-kali.

Nggak cuma masalah vokal, Aaron juga kadang analisis visual, audio, dan konsep. Sayangnya range grup yang dia analisis belum terlalu luas. Beberapa reaction video darinya yang gue suka adalah saat dia react lagu-lagunya NCT.


Sama seperti Rahim, dia juga klaim sebagai produser. I’m sure he’s Asian, tapi nggak yakin Asia mana, probably Korean juga.

Analisisnya nggak sedalem Rahim sih, dan dia mengamati dengan lebih luas. Tapi karena nggak banyak pause, dan cukup hafal dengan siapa yang dia react, video-videonya tetep asyik ditonton.

___

Apa jadinya kalo sekumpulan musisi react dengan lagu-lagu K-pop? Ya mereka inilah.

Namanya juga musisi, jadi fokus mereka adalah audio, baik vokal maupun musik. Sering melontarkan istilah-istilah khusus yang nggak gue pahami hehe. Tapi favorit gue sebenernya rubriknya Umu, dia biasanya ngajak duet satu musisi lain entah Sean atau siapa. Umu ini keliatan banget cewek fans K-pop beneran, karena dia nggak cuma analisis tapi juga tau siapa yang lagi dia tonton.


Duo Johnny dan Jeremiah ini lagi sering-seringnya gue tonton karena video-video reaction mereka buat ATEEZ (dan Jessi). 

Subscriber dan view-nya belum tinggi karena masih baru. Tapi gue suka bagaimana mereka menghargai musik, rap, dance, dan vokal dari ATEEZ. Kayaknya mereka dancer, atau sedikit paham tentang koreografi. Video favorit gue adalah saat mereka react MV-nya ATEEZ yang WONDERLAND.


Selain daftar di atas yang gue udah paham distinctive-nya, ada beberapa Youtuber lain yang suka gue tonton juga tapi yaaa nggak ada ciri khas menarik yang bisa gue banyak ceritakan. Di antaranya adalah:

BRISxLIFE

African-American Youtuber yang khas dengan tawa renyahnya.

DEACS

Cowok Inggris yang rame ngomongnya, peka dengan vokal termasuk background vocal.

JREKML

Gue tonton karena banyak reaction buat DREAMCATCHER dan ATEEZ.

FO SQUAD KPOP

Duo African-American juga yang reaction-nya cocok ditonton sepintas-pintas wkwk.

RIVERSELIVE

Grup vokal beranggotakan 4 orang ini pun punya rubrik Riverse Reacts di channel-nya. Nggak ada analisis, murni reaksi dan opini aja selama nonton, nggak pause-pause juga. 


Buat yang bertanya-tanya, “Gie, kok lo rasis sih. Suka banget mendeskripsikan ras atau etnisnya.” Tolong pahami bahwa itu adalah bagian dari deskripsi gue. Sama sekali nggak ada yang gue puja atau remehkan lebih dari yang lain.

Belakangan ini gue lagi ngepoin ATEEZ, jadi lagi suka nonton video-video reaction terkait mereka. Yang gue suka dari ATEEZ ini adalah bahwa semua membernya bisa nge-dance! Nggak ada lead-dancer atau main dancer karena semua punya spotlight masing-masing. Koreografinya lakik abis dan gokiiilll. Lagu-lagunya juga seru bergenre hip hop, rap, dengan nuansa Latin atau Mediterranean yang konsisten. Coba aja dengerin lagu-lagunya. Mengingatkan gue dengan BTS di tahun-tahun awal mereka berkarya.

Kalo suka B.A.P, STRAY KIDS, BIG BANG, kamu mungkin bakal suka ATEEZ juga. Hong-joong, leader sekaligus rapper-nya ATEEZ, punya charm dan vibe seperti G-Dragon-nya Big Bang menurut gue.Selamat menikmati rekomendasi-rekomendasi di atas, Hyung dan Noona!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *