Review Best Western Premier La Grande Bandung: Kamar, Sarapan, dan Kolam Renang

Hotel dengan bangunan tinggi menjulang itu berdiri jumawa tepat di kawasan jantung kota Bandung. Sekilas, bentuk bangunannya menyerupai gedung Marina Bay Sands Singapura versi lebih bersahaja. Dengan lokasi juara, kamar yang nyaman, dan fasilitas yang mapan, gue benar-benar antusias untuk menginap 2 malam di hotel Best Western Premier La Grande Bandung pada hari Senin-Rabu, 23-25 September 2019 lalu. Jujur, inilah pengalaman menginap paling berkesan yang pernah gue rasakan sejauh ini! Baca terus ulasan ini biar tahu kenapa.

Oh iya, karena ada banyak hal yang mau gue ulas dalam staycation 2 malam ini, review akan gue bagi dua. Bagian pertama ini akan membahas hal-hal dasar seperti kamar, fasilitas hotel, sarapan, lobi, dan lokasi. Sementara bagian kedua akan gue khususkan buat steamboat party, all you can eat Rebo Nyunda, dan makanan-makanan yang gue nikmati selama menginap―tapi info singkatnya tetap akan gue singgung sedikit di sini. Bakal panjang banget kalo semuanya gue ulas di sini!


Hotel ini beralamat di Jalan Merdeka no. 25-29, Bandung, persis di seberang mal Bandung Indah Plaza. Karena berdiri di sebuah lahan di antara dua jalan raya, pejalan kaki juga bisa mengakses hotel dari Jalan Purnawarman (seberang Bandung Electronic Center). Sementara bagi kendaraan bermotor, Jalan Purnawarman ini adalah akses jalan keluar. Best Western Premier La Grande ini menempati area yang sama dengan Apartemen Tamansari La Grande.

Gedung Best Western Premier La Grande Bandung [dokumentasi hotel]

Best Western Premier La Grande benar-benar sempurna untuk menikmati tempat-tempat wisata dan surga kuliner Bandung. Balai Kota Bandung (termasuk taman, museum, dan Bandung Planning Gallery), Katedral Santo Petrus, Jalan Braga, dan Jalan Asia-Afrika berada bisa dicapai dengan berjalan kaki alias within walking distance. Hotel juga terletak persis di antara Jalan Ir. H. Djuanda (aka Jalan Dago) dan Jalan R.E. Martadinata (aka Jalan Riau) yang bertebar café, coffee shop, restoran, factory outlet, dan clothing store. Dari hotel ke Stasiun Bandung pun hanya 10 menit berkendara. Gilak, bagus banget ‘kan lokasinya?!

Walaupun nggak besar, namun lobi Best Western Premier La Grande menyediakan area duduk yang nyaman, welcome drink, dan 2 unit PC gratis. Area tunggu lift juga sebetulnya menarik banget, sayang lupa ambil foto karena suasana ramai saat itu, jadi gue sematkan foto dari instagramnya @bwplagrande aja tuh.


Oleh front officer, gue diberikan kamar di lantai 19. Walah, tinggi bangeeettt! Gue pun antusias untuk segera masuk ke dalam elevator atau lift lalu masuk ke dalam kamar. Apalagi saat itu adalah hari Senin dan paginya gue baru aja tiba dari Kediri. Terbayang dong capeknya semalaman melakukan perjalanan dengan kereta api terus seharian langsung dihajar dengan kesibukan bekerja di kantor seperti biasa.

Fasilitas kamar Deluxe | Best Western Premier La Grande Bandung

Cara membuka pintu kamar di hotel Best Western Premier La Grande Bandung ini sedikit unik. Bukan di-tap atau dimasukkan ke dalam slot lalu ditarik kembali, namun dengan digesek-gesekkan sedikit pada kenop. Lampu indikator kemudian akan menyala biru dengan bunyi beep. Untuk keamanan tamu, lift menuju lantai kamar hanya dapat diakses dengan smart card.

Begitu buka pintu kamar, waaaaaa gue langsung amazed sama luas kamarnyaaa! Desain interiornya juga elegaaannn, bener-bener hotel mewah. Sejauh ini, kayaknya inilah kamar hotel termewah yang pernah gue inapi. Luas kamar Deluxe Hotel Best Western Premier La Grande Bandung ini mencapai 29 meter persegi loh.

Working space yang luas di kamar Best Western Premier La Grande Bandung

Hal pertama yang dijumpai adalah lorong kamar yang diapit oleh kamar mandi di sisi kanan dan sederet fasilitas di sisi kiri. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

  • Coffee & tea maker
  • Refrigerator
  • Walking closet dengan lampu otomatis
  • Slippers
  • Cermin.

Meja tempat meletakkan peralatan coffee & tea maker-nya lapang. Selain sepasang cangkir, juga disediakan 2 gelas kaca lagi. Poin plus nih, jadi nggak pusing kalau habis ngopi mau minum air putih dari gelas. Itu bukan gelas berkumur ya, gelas berkumur ada lagi di kamar mandi. Kotak penyimpanan tempat meletakkan slippers dan walking closet-nya juga lega! Lampu pada almari akan otomatis menyala bila pintu gesernya terbuka, dan begitu pula sebaliknya.

Ada kursi sofa dan coffee table juga | Best Western Premier La Grande Bandung

Walking closet dan shower area Best Western Premier La Grande Bandung

Area tidur didominasi oleh sepasang twin bed untuk 2 orang yang keduanya dipisahkan oleh sebuah nakas. Ada digital alarm radio di atas nakas. Fasilitas lainnya adalah:

  • Meja & kursi kerja
  • Kursi sofa
  • Coffee table
  • TV layar datar dengan saluran internasional.

Yang gue suka banget nih, area kerjanya lapang bangeeettt dengan kursi yang elegan! Masih ada banyak space tersisa di atas meja meski sudah diisi dengan laptop gue yang layarnya 15 inch itu.

Karena ada di lantai 19 dan terletak persis di pusat kota Bandung, gue bisa menikmati panorama kota Bandung dari ketinggian berkat kehadiran floor-to-ceiling window yang dilengkapi dengan double curtain. Apalagi, kamar gue ini berada di posisi yang menghadap panorama terbaik ke arah utara. Jembatan layang Pasupati yang berwarna-warni di malam hari pun bisa terlihat dari jendela kamar.

Yang gue suka dari kamar Deluxe Best Western Premier La Grande Bandung ini, selain luas dan fasilitas lengkap, adalah unsur kayu yang kaya! Warna coklat dari kayu ini menghadirkan nuansa hangat, nyaman, dan tenang. Selain itu, lantai kamar juga dilapisi oleh karpet yang tebal dan empuk, nyaman banget buat wara-wiri di dalam kamar.

Kesegaran hakiki saat mandi di Best Western Premier La Grande Bandung

Toiletries lengkap di kamar mandi Best Western Premier La Grande Bandung

Kamar mandinya juga luas! Area kering dan area basah dipisahkan oleh sekat kaca. Meski nggak menggunakan rainforest shower, tapi minimal bukan standing shower, jadi gue bisa tetap rileks mandi tanpa capek-capek memegang gagang shower. Ada hair-dryer, pesawat telepon, dan 2 buah gelas berkumur. Sementara itu, kamu harus tahu, toiletries-nya lengkap bangeeettt! Mereka adalah:

  • Shower gel
  • Bar soap
  • Shampoo
  • Conditioner
  • Body lotion
  • Shaving kit (peralatan bercukur)
  • Grooming kit
  • Sewing kit (jarum dan benang)
  • Pasta gigi dan sikat gigi
  • Shower cap
  • Sisir
  • Sanitary bag.

Nggak cuma lengkap, tapi juga dikemas dengan exclusive packaging. Bathrobe (jubah mandi) ada di dalam walking closet.


Best Western Bandung benar-benar memanjakan para tamunya dengan menu sarapan yang beragam. Buffet breakfast terdiri dari:

  • Menu utama nusantara
  • Menu utama western
  • 2 macam side-dish
  • Omelet
  • Gorengan
  • Roti dan kue-kue manis
  • Salty bread (kue asin)
  • Sushi
  • Buah, asinan, dan kimchi.

Main course saat sarapan di Best Western Premier La Grande Bandung

Gorengan | Best Western Premier La Grande Bandung

Pilihan minumannya juga beragam. Selain itu, juga tersedia kopi dari coffee maker yang sayangnya malah lupa gue foto. Jadi nggak cuma lengkap, tapi penyajian dan kualitasnya juga berkelas. Ada beberapa opsi untuk karbodidrat. Selain nasi putih, roti, dan kue, juga ada nasi goreng, potato wedges, dan mie goreng.

Sarapan dilangsungkan di Parc de Ville Restaurant pada jam 6:00 – 10:00 pagi. Menu utama dan beberapa menu ditata dalam beberapa island di tengah restoran, sementara beberapa menu lainnya ditata berbaris di salah satu sisi memanjang dan di sisi yang berdekatan dengan kids corner. Para tamu hotel duduk menempati kursi-kursi yang disusun dalam formasi berempat mengelilingi masing-masing meja. Sendok, garpu, tissue, cangkir, dan gelas sudah disediakan di masing-masing meja. Akan ada petugas yang berkeliling untuk mengisi air putih ke dalam gelas.

My breakfast in Best Western Premier La Grande Bandung

Buah-buahan, asinan, kimchi | Best Western Premier La Grande Bandung

Nuansa natutal namun berkelas nggak bisa ditampik dari Parc de Ville Restaurant ini berkat pemilihan furnitur dan dekorasi kayu yang digunakan. Saat malam, lampu-lampu di atas barisan meja bersinar keemasan, memperkuat kesan elegan yang dibangunnya. Sisi restoran yang menghadap Jalan Merdeka “dibiarkan” terbuka dengan dinding kaca floor-to-ceiling untuk mempersilakan sirkulasi cahaya alami. Di sisi itulah gue duduk menikmati sarapan, hehe. Gue selalu suka restoran setengah terbuka ini. Nyaman karena ber-AC, namun tetap terasa segar karena akses cahaya alaminya. Kalau semuanya tertutup, rasanya sempit dan suram gitu.


Ada fasilitas di Best Western Bandung yang baru kali ini gue temukan, belum pernah gue lihat di hotel lain: kolam renang air hangat. Kolam renang spesial ini bisa diakses di lantai 4 yang memang menjadi area komunal di hotel ini. Menariknya, air panas ini nggak cuma ada di hari-hari tertentu, tapi setiap hari! Katanya sih kolam renang berbentuk L ini buka sampai jam 21:00, tapi pas di malam pertama gue dan temen-temen gue mampir ke sini di atas jam 22:00, kolamnya masih buka dan airnya tetap terasa hangat.

Kolam renang Best Western Premier La Grande Bandung ada di lantai 4

Kolam renang dilengkapi dengan kursi-kursi dan coffee table yang ditata mengelilingi kolam. Lantai di sekitar kolam dilapisi kayu, jadi nggak terasa licin. Ada konter peminjaman handuk yang terletak sebelum memasuki area kolam. Meski “cuma” di lantai 4, tapi hembusan anginnya udah terasa cukup setrong lho. Apa kabar kalo ada di rooftop ya, bisa terbang kali gue.

Tamu juga semakin dimanjakan dengan kehadiran Cordial Pool Bar yang ada di sudut area kolam. Di sini, kita bisa memesan makanan dan minuman, baik kopi maupun non-kopi, basically bisa pesen menu apa aja yang ada di buku menu restoran. Di depan konter, ada 2 set kursi masing-masing untuk 4 orang dari bahan anyaman bambu dan beberapa kursi bar berbentuk kubus. Unik!

Kolam renang dan Cordial Pool Bar | Best Western Premier La Grande Bandung

Eye Opener dan Super Green | Best Western Premier La Grande Bandung

Di Cordial Pool Bar, gue cobain Super Green dan Eye Opener. Dua-duanya segeeerrr dan sehat juga tentunya! Super Green terbuat dari sawi hijau, nanas, dan jeruk, sementara Eye Opener terbuat dari wortel dan jeruk. Jujur, gue lebih suka Super Green.

Selain kolam renang dan Cordial Pool Bar, di lantai 4 ini juga ada fitness center. Lalu, fasilitas lain yang ada di Best Western Premier La Grande Bandung adalah Executive Lounge, Bhuvana Spa, business center, dan ruang-ruang rapat.


Buat yang lagi cari-cari tempat makan buat kumpul sama temen atau keluarga di malam minggu, gue recommend banget banget banget buat makan steamboat di Best Western Premier La Grande. Porsinya banyak bangeeettt! Harganya cuma Rp200.000,00/4pax, untung banget saat itu gue bareng 3 cici-cici gereja yang bantu ngabisin, itu aja kami masih kekenyangan bego. Jadi menurut kami, prakteknya paket steamboat ini bisa buat 5-6 orang tergantung porsi makan masing-masing orang.

Paket steamboat di Best Western Premier La Grande Bandung

Paket steamboat ini terdiri dari daging ayam, daging sapi, seafood, sayuran, dan black noodle. Kuahnya ada kuah kaldu dan kuah tomyum yang seger. Pihak hotel juga berbaik hati nih memberi complimentary cake sama salad buat kami, hehe. Tertarik? Worth the price banget kok, bisa dibeli di Traveloka Eats (bukan promo berbayar Traveloka)

Nah, kalo buat makan siang, ada all you can eat Rebo Nyunda nih di Best Western Bandung. Harganya Rp99.000/pax. Seperti namanya, program AYCE ini menyajikan sajian kuliner khas Sunda dan digelar setiap Rabu dari jam 12:00 – 14:30. Sama seperti paket steamboat, Rebo Nyunda bisa dinikmati di Parc de Ville Restaurant.

Rebo Nyunda di Best Western Premier La Grande Bandung

Karena gue pecinta kue, gue seneng banget ada banyak jajanan pasar di Rebo Nyunda ini! Sementara buat main course, ada nasi liwet dan nasi goreng, ayam goreng, gepuk, ikan asin, sambal kacang teri, telur suwir, mie goreng, tahu dan tempe, dll. Buat minuman, gue pilih bajigur. Kurang Sunda gimana coba? Yang nggak kalah adalah sambelnya, ada 25 macam dong! Cocok banget buat pecinta sambal kayak gue.

Ulasan selengkapnya paket steamboat, Rebo Nyunda, dan makanan-makanan lainnya di Best Western Bandung bisa dibaca di: Makan Enak dan Kenyang di Best Western Bandung


Dengan fasilitas, servis, dan fasilitas kayak di atas, tebak berapa rate Best Western Bandung ini. Ternyata start from Rp500.000-an/malam aja dong buat kamar Superior dan Deluxe! Udah termasuk sarapan. Selain itu, juga masih ada kamar Executive, Junior Suite, Family Suite, dan Premier Suite. Dua tipe kamar terakhir mampu mengakomodasi 4 orang karena diisi dengan 2 tempat tidur besar. Keduanya, ditambah kamar Junior Suite, dilengkapi dengan living room. Kalo mau ada kamar ada dengan bathtub, ada di kamar Executive ke atas.

Sampai di sini, kamu pasti tertarik banget buat cobain nginep di jaringan hotel Best Western, harga proletar kualitas kaisar! Nah, kalo memang mau cobain nginep di hotel-hotel Best Western, gue recommend banget supaya kamu sekalian bikin akun Best Western Rewards (BWR)! Apalagi, hotel-hotel Best Western sudah tersebar di berbagai negara di 6 benua. Apa itu BWR?

Best Western Rewards adalah loyalty program dari Best Western untuk seluruh member setianya. Ada banyak keuntungan menarik dengan menjadi member BWR, yaitu:

  • Mendapatkan poin di setiap periode menginap yang dipesan melalui portal resmi Best Western Hotel & Resorts
  • Poin abadi, nggak ada kadaluwarsa
  • Poin dapat ditukar dengan menginap gratis di seluruh hotel Best Western sedunia, miles penerbangan, voucher belanja, dsb
  • Pelayanan lebih cepat pada saat check-in
  • Early check-in dan late check-out.

Poin kedua menarik banget tuh, suka sebel kalo poin udah banyak tapi masa berlakunya udah mau habis. Ada beberapa macam member yang bisa dipilih: Blue, Gold, Platinum, Diamond, dan Diamond Select. KLIK DI SINI buat join sekarang! Gue juga udah gabung kok, meski baru Blue Member hehe.

Ingin ku kembali ke Best Western Premier La Grande Bandung

Rasanya nggak ada alasan gue nggak merekomendasikan Best Western Premier La Grande Bandung buat travelearners semua. Lokasi sempurna, kamar nyaman, fasilitas lengkap, makanannya berlimpah, dan harganya pun masih affordable. Mau nginep berdua atau berempat sama keluarga atau temen-temen, bisa semua! Nggak usah bingung lagi kalo kamu cari hotel buat liburan atau bisnis di Bandung, Best Western Premier La Grande aja udah.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *