Tips #BisaAja Liburan ala SULTAN, Tetap Hemat di Akhir Tahun

Menatap Sindoro di Puncak Sikunir

Buat mas-mas kantoran fakir cuti kayak gue, ngatur waktu traveling itu memang sebuah dilema. Satu sisi, gue pengen traveling pas masa-masa libur bersama biar cuti nggak terkuras dan nggak perlu rikuh minta izin ke atasan. Tapi di sisi lain, di masa-masa liburan itu jugalah harga tiket melambung. Jadi mau nggak mau gue harus traveling di hari-hari biasa dengan mengajukan cuti supaya bisa jalan-jalan tanpa mengosongkan tabungan. Tapi, akhir tahun ini sedikit berbeda, karena ternyata kita bisa tetep liburan ala SULTAN dengan budget pas-pasan!

Emang bisa? #BisaAja dong, salah satu triknya adalah dengan nginep di hotel-hotel RedDoorz. Nah, baca tips selengkapnya dari gue di bawah ini.


Sebagai contoh, jika libur bersama Natal dan Tahun Baru dimulai hari Senin (24 Desember 2019), maka bisa dipastikan puncak arus mudik akan terjadi pada hari Jumat malam, 20 Desember 2019. Jadi, jangan ikut-ikutan berangkat hari Jumat malam, berangkatlah pada Jumat pagi atau Kamis malam. Cukup izin cuti sehari, namun bisa membuat perubahan besar! In case kamu nggak boleh cuti menjelang libur bersama (like some companies do), ya udah, berangkat Minggu malem atau Senin pagi aje.

Baik untuk pesawat terbang atau kereta api, jadwal keberangkatan pagi itu biasanya harganya lebih terjangkau karena kurang diminati. Gue sendiri udah reservasi kereta api eksekutif ke Jogja buat hari Sabtu pagi, 21 Desember 2019, dengan harga nggak sampe Rp500.000,00.


Pepatah “yang dadakan justru jadi” emang masih banyak yang percaya dan, dalam kondisi tertentu, memang itulah yang terjadi. Tapi jangan sekali-kali dicoba waktu peak season kayak gini, Salvador! Gue aja nggak pernah seumur-umur reservasi hotel go-show. Pokoknya apa pun yang bisa gue book online, pasti akan gue pesen online. Gue nggak mau gambling dengan go-show. Booking online juga hemat waktu dan tenaga, dan kamu bisa melihat daftar yang lebih lengkap.

Tetap bisa liburan ala SULTAN dengan RedDoorz

Saat peak season kayak gini, pihak penginapan udah pasti ancang-ancang buat naikin rate-nya. Pesanlah hotel beberapa hari atau minggu sebelum keberangkatan. Untungnya sih RedDoorz bisa di-booking online dari website atau aplikasi. Pas banget, lagi ada promo SULTAN nih, Suka-suka Liburan Akhir Tahun dari RedDoorz. Kamu bisa puas liburan di Indonesia dengan potongan harga sampai 40 persen! Tinggal masukkan kode BISAAJA25 di website atau aplikasi untuk periode pemesanan 4-18 Desember 2019 dan periode menginap 4-20 Desember 2019.


Salah satu pos pengeluaran terbesar saat traveling adalah transportasi, apalagi kota-kota di Indonesia tuh sarana transportasi umumnya belum bagus. Kita harus sewa kendaraan pribadi atau order transportasi online supaya bisa bebas ke mana-mana dengan mudah. Makanya, carilah hotel yang deket dengan tempat wisata yang mau kamu tuju di kota itu. Sebagai contoh, kalo kamu mau eksplor pusat kota Bandung, puas kulineran, dan nggak mau jauh-jauh dari Stasiun Bandung, maka RedDoorz Premium near Bandung Station (D’Sovia Hotel) bisa jadi alternatif.

RedDoorz Premium near Bandung Station

Coffee & tea maker RedDoorz Premium dekat Stasiun Bandung

Baca Juga: Mengunjungi 3 Tempat Wisata Kekinian di Bandung

Selain hemat ongkos transportasi, kamu juga bakal hemat waktu karena nggak perlu berjam-jam terjebak dalam kemacetan yang ngerusak mood liburan. Malah siapa tau bisa jalan kaki juga. Wah, kamu pun berkontribusi dalam gerakan ramah lingkungan! (brb pasang selempang duta lingkungan). Alamat dan peta setiap properti RedDoorz tersedia di website dan aplikasi ya. Banyak kok hotel RedDoorz yang lokasinya strategis deket stasiun kereta api, bandara, dan kawasan wisata.


Ini akhir tahun, beb. Kamu bisa sampai di kota tujuan di waktu yang kamu mau aja udah sujud syukur banget. Makanya, nggak usah kebanyakan polah. Pilih tempat wisata yang bisa buat eksplor berjam-jam (seperti Taman Impian Jaya Ancol Jakarta) atau satu kawasan besar dengan beberapa obyek wisata―seperti Lembang, Dieng, pantai-pantai Gunung Kidul, dan Kota Lama Semarang. Pilih tempat wisata yang biaya tiketnya murah, atau malah yang gratis sekalian hehe.

Baca juga: Mengunjungi 8 Tempat Wisata di Dieng Dalam 2 Hari 2 Malam

Naik perahu di Telaga Menjer, dekat Dieng

Kamu juga bisa liburan dengan gaya staycation, di mana kamu nggak banyak bepergian dan banyak menghabiskan waktu di hotel. Jangan salah, RedDoorz punya unit-unit RedDoorz Premium dengan fasilitas lengkap dan hotel-hotel budget tapi instagrammable, seperti RedDoorz Premium @ Moh Toha Bandung.


Tips terakhir dari gue, coba pertimbangkan kota-kota yang nggak biasanya jadi tujuan liburan keriaan massa. Buat kamu yang tinggal di daerah, coba pertimbangkan Jakarta, bisa cobain MRT Jakarta lho. Beberapa kota yang pernah gue singgahi adalah Kediri dan Cirebon.

Taman Sungai Brantas di Kediri, Jawa Timur

Baca juga: Jalan-Jalan di Kediri | Klenteng, Taman Brantas, dan Simpang Lima Gumul

Jangan khawatir, karena RedDoorz sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Jadi kamu bisa libur akhir tahun keliling Indonesia dengan RedDoorz. Klik di sini untuk membaca pengalaman pertama gue menggunakan RedDoorz.


Nah, sekarang nggak bingung lagi ‘kan gimana bisa jalan-jalan murah di akhir tahun. Jangan sia-siakan momen liburan Natal dan Tahun Baru dengan diem aja di kamar, Sob! Share di kolom komentar kalo ada tips lain yang belum ada di tulisan ini. Keep learning by traveling~

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *